Darimana Datangnya Uang untuk Ibu yang Punya Blog ?

Pertanyaan ini sepertinya paling banyak ditanyakan ke tim kami, ya.. darimana datangnya uang buat ibu yang punya BLOG ? Karena pada ujungnya adalah bagaimana caranya blog kita mendatangkan uang baik sekarang atau masa depan ? Nah, di artikel ini akan saya bahas detail langsung berdasarkan dari pengalaman saya sendiri as founder IbuDigital. 

Ini dia 5 sumber uang IbuDigital 

penghasilan untuk ibu yang ngeblog
Darimana Datangnya Uang untuk Blogger (foto pexels)
  1. Artikel Review , kami menerima artikel review bisnis. Ibu cukup menawarkan diri di blog untuk memuat artikel tentang bisnis calon klien kita apakah dari sudut pandang bisnisnya, siapa beliau, tips beliau bahkan cerita bisnis yang dia bangun dari nol hingga besar seperti sekarang. Berapa biayanya, biasanya dimulai dari 50ribu rupiah per artikel tergantung SEO blog ibu, viewer alias kunjungannya, sampai hal-hal lainnya. Semakin SEO dan trafficnya bagus maka semakin harga Artikel Review nya juga bagus di dompet.
  2. Endorse , jasa yang ke 2 ini adalah yang paling seru yaitu kita diberikan sample produk lalu ada jasa yang dibayarkan dan timbal baliknya adalah kita menulis review atau menceritakan bisnis beliau. Perbedaanya apa dengan endorse di instagram atau facebook, perbedaanya adalah karena ini via artikel maka lebih panjang, lebih lengkap dan yang pastinya lebih lama nongol di Google dibandingkan hanya di sosial media. Karena pada ujungnya pemilik brand ingin produknya nongol dimana-mana terutama saat dia googling.
  3. Iklan Placement di Blog , jadi ibu menawarkan ke calon klien bahwa iklannya (banner, gambar) akan dipostingkan ke blog ibu. Berapa harganya ? monggo serahkan ke ibu saja dan iklan banner ini bisa ibu letakkan di bagian atas blog, kanan atas atau di postingan artikel yang mempunyai view banyak.
  4. Promo Bisnis sendiri ,
    jasa pembuatan perusahaan
    Jasa Pembuatan CV, PT

    no 4 ini yang paling banyak saya gunakan. Kebanyakan saya mempromosikan bisnis jasa artikel, membuat website, SEO, admin sosial media , kelas online, training bahkan saya mempromokan tentang pendirian CV/PT via website saya yang lainnya yaitu HukumCorner dot com. Lalu darimana uangnya, uangnya saya dapat dari closingan via online dan ini memang untuk kebutuhan dapur saya.

  5. Menjadi Affiliate , apa sih affiliate? Affiliate adalah ibu membantu mempromosikan produk orang dengan mencantumkan link pada artikel atau blog yang ibu punya. Biasanya link affiliate nya html alias coding alias text begitu, lalu bagaimana cara pasangnya ? Tenang, biasanya setiap produk sudah diberikan panduan lengkap bagaimana cara pasangnya dan itu jelas sekali.

Tapi menjadi Blogger lalu ingin mendapatkan uang dari sumber ini juga bukan merupakan cara instan dan cepat kaya, karena diperlukan dedikasi dan konsistensi untuk tetap menulis hal hal yang positif dan disukai oleh pembaca. Ibu juga harus mempelajari hal – hal yang berhubungan dengan SEO yaitu search engine optimasi atau bagaimana caranya blog kita ada di halaman 1 google, andaikan tidak expert tetap saja diharuskan minimal tahu gambaran umumnya.

Berikut beberapa hal yang diperhatikan oleh Blogger saat ingin memaksimalkan blog nya.

  1. Disarankan oleh IbuDigital untuk membuat blog menggunakan wordpress , karena lebih mudah meskipun dengan tools blogger punya google juga ga kalah mudahnya, tapi untuk branding saran kami pilihlah langsung yang dot com, misalnya IbuDigital dot com.
  2. Fokus membuat konten yang menarik, jika perlu ibu dapat mengambil kursus atau training yang mengulas tenatang bagaimana membuat artikel yang menarik untuk dibaca dan Viral. Minimal ibu menulis 500 kata disetiap artikelnya, tujuannya apa ? Tujuannya adalah agar pembaca betah berada di blog ibu dan mendapatkan manfaat secara menyeluruh dari informasi dan tips yang ibu share.
  3. Cari tahu bagiamana caranya memaksimalkan tulisan ibu agar nongol di pencarian Google. Banyak tips yang akan IbuDigital share menyangkut hal ini, diantaranya yaitu tentang sharing artikel kita di sosial media, menyiapkan kolam sharing khusus untuk kita, promote hingga sharing di kanal berbagi pesan misal whatsapp atau Line.
  4. Desain, pilihlah desain yang memudahkan untuk pengunjung. Ringan saat dibuka, mudah navigasinya, simple dan enak dipandang. Bagaimana caranya, kami tim IbuDigital masih meriset pola yang tepat untuk Ibu semua agar mudah diaplikasikan meski oleh pemula.
  5. Pilihlah nama yang mudah diingat dan jadilah penulis yang ramah dengan pembaca. Setiap orang pasti ingin didengar dan ingin dihargai, maka jalinlah komunikasi dengan pembaca kita via komentar atau link japri via whatsapp ataupun email. Jalinlah komunikasi secara intens, dan anggap mereka menjadi sahabat baru kita di dunia maya yang mungkin bisa bertemu di dunia nyata via kopdar.

Okeh, ibu.. bagaimana ? Jadi, sudah punya gambaran bagaimana mendatangkan uang dari Blog ? Hmmm.. jika dirasa ingin KEPO lagi bisa meninggalkan komentar disini dan menghubungi saya IsahKambali founder IbuDigital via whatsapp di 08383.7060.702 (ini asli nomor saya yah, dan feel free diskusi).

 

(Visited 128 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *