Tips Jualan di Instagram – Seiring berkembangnya teknologi, maka perubahan pasti menyertainya. Tak terelakkan lagi bahwa perkembangan internetpun kian meluas. Tak hanya diperkotaan, namun dipedasaanpun kini internet sudah bisa diakses dengan mudahnya. Sehingga itu sangat mempengaruhi budaya jual beli yang tadinya offline sekarang mulai bergeser ke online.

Dengan itu pula banyak orang yang mencari penghasilan dari internet. Baik kali ini saya akan bahas tips berjualan dengan Instagram. Sebenarnya ada banyak tips untuk jualan di Instagram dan banyak pula tools yang bisa digunakan. Kenapa harus Instagram? sebenarnya kita bisa jualan dibanyak tempat, misalnya market place, Facebook, Blog, Website dan lain-lain. Menurut saya Instagram mempunyai potensi pasar yang besar untuk beberapa produk misalnya pakaian, hijab, accecories Handphone, Tas, Sepatu dan lain-lain. Kali ini saya akan bahas 7 tips jualan online di Instagram.

tips instagram

tips memaksimalkan instagram

  1. Buat Akun Khusus

Buatlah akun khusus untuk jualan di instagram, jangan dijadikan satu antara akun jualan dan akun pribadi. Sebenarnya sah-sah saja berjualan menggunakan akun pribadi, namun hasilnya akan kurang maksimal karena kadang kita suka upload photo pribadi atau membuat status galau dan lain-lain. Butalah nama yang sesuai dengan kata kunci produk jualan Anda.

  • Nama dan Username : Buat nama dan username yang mudah diingat dan dieja. Nama danUsername harus mengandung kata kunci. Misal anda jualan hijab Pashmina Instan, maka buatlah nama dan username yang berhubungan dengan itu. Misal ” jual pashmina instan cantik “, atau bisa juga ” pusat pashmina instan jakarta “. Usahakan antara Nama dan Username sama, sehingga ketika followers mencari akun kita akan lebih mudah.
  • Keterangan : Buatlah keterangan yang lengkap mengenai akun anda. Produk yang anda jual, jam operasional dan lain-lain.
  • Lokasi : Tuliskan lokasi toko atau alamat anda jualan, biasanya pembeli akan lebih percaya dan merasa nyaman jika akun Instagram kita dituliskan alamat kita atau toko kita.
  • Kontak Whatsapp : Tambahkan kontak whatsapp, Line, BBM dan juga email agar orang bisa segera menghubungi Anda ketika membutuhkan informasi atau memesan produk Anda.

Dengan memberikan keterangan yang lengkap dan jelas maka pembeli akan merasa aman dan nyaman ketika hendak berbelanja di Instagram kita.

2. Koneksikan Akun Instagram dengan Sosial Media

Dengan mengkoneksikan akun Instagram kita dengan sosial media lain. Maka setiap kita posting di Instagram, kita bisa langsung share di sosial media yang telah kita koneksikan. Sehingga jangkauan postingan Anda akan lebih luas. Sosial media yang bisa dikoneksikan misalnya Facebook, Twitter, Tumblr dan Flickr.

3. Photo produk yang menarik

Berbeda jengan jualan offline dimana pembeli bisa melihat real dari sebuah produk dan bisa menyentuh atau memegang dan merasakan produk tersebut. Sedangkan jualan di online menggunakan photo produk yang mencari menjadi sebuah kunci sukses tidaknya menarik calon pembeli. Karena pembeli online hanya bisa melihat tampilan dari photo produk, sehingga kualitas photo yang kita tampilkan harus maksimal. Jangan sampai produk kita yang bagus menjadi tidak ada peminatnya karena kualitas photo yang rendah. Sekarang kita bisa menggunakan beberapa aplikasi atau tools yang free untuk bisa editing phot sehingga menarik seperti canva.com dan lain-lain.

4. Update Photo secara teratur

Update photo secara teratur dan terjadwal. Pilihlah jam-jam dimana orang itu biasa memegang gadgetnya. Misal pagi pukul 06.00 – 08.00 WIB, siang pukul 12.00 – 13-00 WIB dan malam pukul 19.00 – 20.30 WIB.

5. Tuliskan detil produk Anda

Tuliskan secara detil keterangan produk Anda, misalkan Anda jualan hijab maka tuliskan bahan yang dipakai, ukuran, berat, warna, dan harga produk. Itu akan memudahkan calon pembeli yang ingin mengetahui detil produk kita. Sehingga calon pembeli tidak perlu bertanya untuk hal-hal tersebut.

6. Hashtag

Gunakan hashtag yang sesuai dengan kata kunci, gunakan maksimal 30 hashtag. Ada rumus agar produk kita berada di beranda atau search, yaitu dengan membagi hashtag menjadi 3 kategori. 10 hashtag pertama dengan kata kunci produk kita, 10 hastag berikutnya dengan hashtag yang sedang populer, dan 10 hashtag terakhir menggunakan hashtag yang sedang viral.

7. Perbanyak Follower

Perbanyak follower yang tertarget sehingga kemungkinan pembelian dari mereka semakin besar. Ada beberapa cara untuk mendapatkan follower,

  • Upload photo dan video yang menarik, karena dengan mengupload photo dan video yang menarik orang akan dengan senang hati menjadi follower kita.
  • Pakai applikasi berbayar.
  • Follow dulu orang-orang yang menjadi target kita, karena orang yang kita follow kemungkinan besar akan follow back.

Semoga tips jualan di instagram diatas bisa meningkatkan penjualan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dari Instagram.

 

foto pexels

(Visited 5 times, 1 visits today)