Wajib Praktek – Ini Dia Olahrga Untuk Ibu Hamil

Anda sedang hamil? Mager untuk berolahraga? Rasanya artikel kali ini bisa dijadikan motivasi untuk mulai olahraga selama proses kehamilan. Jadikan olahraga sebagai solusi dari naik turunnya hormonal saat proses hamil. Yuk disimak.

Proses kehamilan memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Berat badan bertambah, mood berubah, nyidam dan aneka keluhan lainnya juga harus dihadapi. Hal itu sangatlah wajar karena perubahan hormon selama menjalani proses kehamilan. Nah, untuk menjaga stamina tetap bugar dan prima saat menanti persalinan maka sudah seharusnya ibu hamil melakukan olahraga yang tepat.

Tapi, sebelum kita berolahraga kita juga harus mengetahui kondisi fisik dan kehamilan kita. Konsultasikan ke dokter Anda apakah olahraga tersebut aman untuk ibu dan janin yang dikandung. Hal ini diperlukan karena ada beberapa kasus kehamilan yang mengharuskan bedrest, tidak banyak bergerak atau tidak boleh melakukan aktifitas tertentu.

Berikut adalah olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan:

  1. Jalan kaki santai, hal ini lebih asik jika Anda melakukannya dipagi hari yang cerah atau sore hari. Jalan kaki dengan menikmati pemandangan sekitar akan membuat kita lebih rileks dan tentunya tetap aktif bergerak.
  2. Yoga, lakukan olahraga yoga dan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Ceritakan kondisi kehamilan Anda baik berapa minggu, keluhan yang sering dirasakan, atau larangan-larangan dari dokter. Biasanya instruktur akan memilih jenis gerakan yoga yang aman untuk ibu hamil dan janin. Olahraga ini juga dapat melatih otot dan panggul untuk mempersiapkan persalinan yang memerlukan energi ekstra
  3. Pilates, Anda dapat melakukan olahraga ini dengan beberapa pertimbangan seperti: membatasi gerakan terlentang dan tengkurap. Lakukan gerakan yang memang fokus untuk memperkuat bagian abdomen. Bahkan lebih baik lagi jika Anda memilih pilates untuk prenatal karena akan fokus pada gerakan-gerakan untuk menghadapi persalinan.
  4. Bersepeda statis. Kenapa memilih sepeda statis dibandingkan bersepeda keliling rumah karena dengan menggunakan sepeda statis kita sudah meminimalisir terjadinya benturan/gesekan saat bersepeda. Apalagi jika jalan yang kita lalui tidak rata atau bergelombang, maka hal ini sangat berbahaya untuk ibu hamil serta janin.
  5. Latihan dasar panggul (ini dilakukan ketika masuk ke hamil tua). Latihan ini biasanya didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Tapi, jangan khawatir karena sekarang sudah banyak ditemui kegiatan senam hamil yang diadakan oleh klinik atau rumah sakit dan tentunya dibawah pengawasan oleh tim kesehatan yang berpengalaman.

Nah, biar makin semangat tim Ibu Digital bisikin lagi manfaat jika kita berolahraga saat hamil:

  1. Menyiapkan stamina badan untuk menghadapi persalinan
  2. Menyiapkan otot-otot agar tidak kaku
  3. Menjaga stamina tubuh ibu hamil
  4. Mengurangi rasa kurang nyaman saat proses kehamilan
  5. Mengurangi resiko komplikasi saat persalinan karena tubuh dalam kondisi prima. Persalinan memerlukan stamina dan kondisi fisik yang oke dikarenakan saat persalinan ibu hamil akan merasakan rasa sakit yang luar biasa efek kontraksi. Jika sering olahraga maka badan dan otot sudah terlatih dan siap untuk melakukan proses persalinan.
  6. Memperbaiki ritme tidur, semakin bertambah usia kehamilan kita maka kita akan makin susah untuk tidur. Gerak saat tidur yang terbatas, sakit punggung, frekuensi buang air kecil yang mulai sering, nyeri pada perut sampai kegerahan/kepanasan saat malam hari. Dengan melakukan olahraga maka ibu hamil

vitamin kalsium cdr fortos

Selain itu, untuk mengimbangi aktifitas olahraga maka diperlukan juga asupan nutrisi yang banyak mengandung kalsium. Jika kalsium yang ibu hamil konsumsi dirasa kurang memenuhi kebutuhan yaitu 1000 mg/hari maka solusinya adalah mengkonsumsi CDR. Kandungan CDR Fortos adalah sebagai berikut:

  1. Kalsium 600mg
  2. Vitamin D400 IU

Konsumsi CDR Fortos dengan dosis 1 tablet atau ikuti anjuran dosis dari dokter Anda. Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, CDR juga bermanfaat untuk kesehatan gigi ibu hamil.

Nah, pastikan ya ibu hamil rajin berolahraga dan juga konsumsi CDR agar aktifitas Anda makin semangat dan perkembangan janin juga terjaga. Hamil sehat bersama CDR

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *