Tips Tetap Sehat Setelah Rawat Inap Di Rumah Sakit

Setelah dirawat dirumah sakit tentu sangat membahagiakan. Bukan hanya untuk pasien, terlebih untuk keluarga. Bukan karena harus membayar perawatan dirumah sakit tapi dengan kembalinya pasien dari pengobatan dirumah sakit bisa membawa sedikit ketenangan bagi keluarga si pasien. Tapi, bukan berarti pasien setelah pulang kerumah berhenti juga dalam hal pengobatan nya. Kondisi pasien harus terus dijaga supaya tidak lagi dirawat dirumah sakit. Karena hal itu harus ada persiapan yang dibutuhkan.

Waktu pada saaat perawatan dirumah sakit pasti banyak memicu stress. Bukan hanya pada pasien tapi keluarga pun juga merasakannya. Hal ini dikarenakan banyak warga Indonesia tidak membuat catatan atau riwayat penyakit pasien. Wajar memang karena dalam kondisi darurat, jarang orang yang mengingat riwayat penyakit seseorang.

Jauh lebih baik, Anda menyimpan catatan riwayat penyakit keluarga Anda, jenis obat dan catatan medis keluarga didalam suatu file khusus. Tips ini akan sangat memudahkan Anda jika harus kerumah sakit secara tiba-tiba. Mengapa dengan mengetahui riwayat penyakit keluarga itu penting? Karena dengan mengetahui itu semua maka keluarga pasien akan mempunyai data list obat apa saja yang dikonsumsi , jadi akan mengurangi dampak alergi obat jika kelak dirawat dirumah sakit.

Jika selesai menjalanai perawatan dirumah sakit, maka segeralah buat rencana kepulangan karena itu juga sagat penting. Keluarga pasien bisa mempersiapkan dengan baik supaya pasien tetap sehat dan kondisi tubuh nya tetap baik. Rencana ini bisa melibatkan tenaga medis seperti dokter dan suster yang merawatnya.

Beberapa rencana yang perlu diperhatikan setelah dirawat inap dirumah sakit, diantaranya :

1. Keluarga wajib mengetahui secara detail tentang apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
Konsultasikan pada dokter , perlu atau tidaknya perawatan lanjut yang harus dilakukan setelah kepulangan dari rumah sakit.

2. Obat yang akan diminum.
Pastikan tanya secara detail tentang informasi obat apa saja yang akan dikonsumsi pasien dirumah kelak.

3. Keluarga yang mengambil atau membeli obat pasien.
Harus dipastikan keluarga mengetahui resep obat apa yang akan diberikan pada pasien. Periksa kembali keterangan dan dosis obat nya.

4. Tuliskan nomor telepon dan nama keluarga yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika mempunyai pertanyaan soal pengobatan pasien.

5. Selalu memperhatikan rencana perawatan apa saja yang akan diberikan oleh pihak rumah sakit.

Dokter akan selalu memberikan perawatan lanjutan kepaa keluarga setelah pulang dari rumah sakit.
Walaupun pasien sudah boleh pulang kerumah, sangat penting bagi pasien dan keluarganya untuk terus mengupdate kondisi kesehatan pasien. Dengan mengetahui bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan dirumah untuk mengembalikan kesehatan pasien seperti sedia kala.

Yang terpenting dari proses kepulangan pasien adalah dengan meminta pada dokter yang merawat daftar riwayat selama dirumah sakit. Supaya proses kelanjutan perawatan bisa diteruskan oleh perawat dirumah.
Penting bagi rumah sakit supaya menjaga agar pasien tetap sehat dan tidak kembali dirawat setelah 30 hari. Karena di beberapa negara akan memberikan denda pada rumah sakit jika pasien yang dirawat kembali sebelum 30 hari.

Anda atau keluarga sedang sakit dan ingin mencari Rumah Sakit Terdekat? Sekarang Anda tinggal download aplikasi SehatQ. Aplikasi kesehatan ini sangat powerfull dalam membantu Anda dalam hal kesehatan. Salah satunya dengan mencari rumah sakit terdekat.
Dengan Anda menggunakan aplikasi SehatQ, bisa menemukan informai secara akurat dan lengkap tentang rumah sakit, klinik bahkan sampai puskesmas yang direkomendasikan.

Jadi Anda bisa dengan mudah menemukan Rumah Sakit Terdekat jika sangat dibutuhkan.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *