Tips Menjadi Penulis Ala Blogger

Anda suka menulis? atau mungkin sedang belajar menulis? Latihan menulis merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan menulis anda serta dapat melahirkan ide-ide baru untuk karya tulisan anda selanjutnya. Apa yang anda tulis saat anda latihan menulis mungkin bukanlah karya terbaik anda, akan tetapi itu akan melatih anda untuk menulis dengan baik saat anda harus menghasilkan karya tulisan yang terbaik.

Menulis merupakan ruang tak terbatas untuk menuangkan pikiran kita. Mulai dari sekedar status di social media, cerita pendek bahkan sampai konten bertema serius di blog. Tanpa sadar, membaca dan menulis sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian kita.

Nah, bagi anda yang ingin lebih serius dalam menulis dan meningkatkan kemampuan menulis anda, anda bisa melatihnya dengan mengisi postingan blog pribadi anda.

ada banyak faktor, mengapa seseorang menggeluti dunia blogger. diantaranya, seseorang blogger bisa saja menulis karena :

  1. Ingin membagikan ide kepada masyarakat  luas melalui jaringan internet.
  2. Hobby menulis.
  3. Melakukan bisnis online dan bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk mendapatkan keuntungan.
  4. Membuat suatu karya, baik seni, menulis, fotografi ataupun yang lainnya.
  5. Ingin menjadi terkenal dan sebagainya.

Bagaimana Tips Menjadi Penulis Ala Blogger ?

  1. Sering-sering baca karya penulis ternama
    Sering membaca karya sastra penulis-penulis yang lebih dulu tenar akan membuat anda lebih peka dalam menulis nantinya. Sebagai penulis, membaca adalah awal yang baik untuk segalanya. Lewat ini, anda akan tau bagaimana mekanisme penulisan yang baik, dan gaya seperti apa yang cocok bagi anda. Membaca juga bisa membuahkan pandangan atau inspirasi baru untuk tulisan anda.
  2. Banyak – banyak berlatih
    Menulislah sesering mungkin baik di blog, buku harian, atau media sosial tentang anda, keluarga anda, pengalaman anda atau apapapun yang bisa kamu tuangkan menjadi tulisan. Makin sering latihan, tulisan anda akan makin tajam dan juga bisa semakin lepas dalam mengekspresikan pikiran anda.
  3.  Selalu catat ide yang muncul
    Kemanapun anda pergi, selalu bawa sebuah buku catatan kecil. Setiap ada ide yang terlintas di pikiran anda, langsung tuliskan saja. Jangan terbiasa menunggu nanti alias menunda karena ide-ide tersebut gampang menguap dari pikiran anda. Ide tersebut bisa berupa ide cerita, ide artikel ataupun ide karakter. Ketika anda membaca ulang catatan ini, mungkin saja ada bagian yang menginspirasi anda atau justru bisa langsung dimasukkan ke cerita yang sedang anda garap.
  4. Ciptakan ritual menulis
    Sisihkan waktu khusus dalam satu hari untuk menulis tanpa gangguan, dan jadikan kegiatan ini menjadi rutinitas anda.
  5. Tulis saja, biarkan mengalir
    Waktu kertas atau layar anda kosong karena anda tidak tahu mau nulis apa, jangan tergoda untuk melakukan hal yang akan memecah konsentrasi anda, seperti liat facebook atau malah rebus mie instan. Tetap gerakkan jemari anda dan mulailah menulis apapun yang terlintas di kepala anda. Kuncinya adalah memulai
  6. Hilangkan semua gangguan
    Menulis akan kurang berjalan dengan baik jika ada banyak hal yang mengalihkan konsentrasi anda,seperti suara-suara bising. Menulis perlu dilakukan dalam keadaan tenang dan bebas gangguan.
    Matikan aplikasi pesan instan, email, hanphone, TV dan bereskan meja anda, jika perlu kunci kamar anda, pastikan tidak ada orang yang bisa menginterupsi anda saat sedang menulis.
  7. Rencanakan, kemudian Tuangkan
    Jika poin 5 adalah cara untuk memaksa anda menulis dari kekosongan, merencakanan artinya anda sudah punya ide yang ingin anda tulis.
  8. Bereksperimen dengan gaya dan kata-kata
    Mengikuti jejak penulis-penulis besar bukan berarti meniru mereka sama persis. Cobalah hal-hal baru, ambil bagian kecil dari beragam penulis favorit anda dan bereksperimenlah dengan gaya menulis anda sendiri. Anda bisa mencoba atau menemukan kata-kata baru. Mencoba banyak hal akan membuat anda kaya dan anda akan menemukan mana yang cocok dengan style anda.
  9. Revisi
    Nah, ketika anda sudah berhasil menuangkan ide ke dalam tulisan, bereksperimen dan membiarkan semua mengalir keluar, anda perlu kembali lagi ke belakang dan membaca ulang tulisan yang sudah anda buat. Baca ulang semuanya dan perbaiki ejaan yang salah, maupun kalimat yang kurang pas dan membingungkan.
  10. Gunakan kalimat yang mengena
    Setelah anda bisa membuat kalimat yang lebih ringkas dan esensial, fokuskan untuk bikin kalimat yang mengena pada pembaca, yang menimbulkan kesan kuat dan berkarakter.
  11. Dapatkan umpan balik
    Setelah anda selesai dengan tulisan anda, selanjutnya temukan orang untuk membaca tulisan anda. Dengarkan mereka dan pahami dengan baik setiap kritikan nya, karena itulah yang nanti nya akan membuat anda berkembang lebih jauh.
  12. Berusaha lebih komunikatif
    Terdapat berbagai macam gaya menulis. Ada yang baku dan serius, ada juga yang santai dan seperti orang yang bercakap-cakap. Anda harus komunikatif alias tahu apa yang bisa dimengerti dan diterima pembaca anda.
  13. Memberikan kesan yang kuat pada awal dan akhir tulisan
    Penting dari sebuah tulisan untuk memiliki bagian awal yang bisa mencuri perhatian. Jika bagian awal tulisan anda tidak mengena bagi pembaca, mereka akan malas baca bagian selanjutnya. Jangan lupa membuat akhir yang kreatif, supaya pembaca menantikan tulisan anda selanjutnya.

Jadi seorang penulis memang tidak bisa instan. Semua ada proses nya,dan lewat proses inilah anda akan berkembang menjadi penulis yang lebih baik. Yang terpenting adalah anda harus tetap produktif dan terus berkarya. Semoga bermanfaat.

 

Sudah nulis banyak artikel di blog tapi sepi pengunjung? Anda bisa membuat tulisan/artikel anda muncul di halaman 1 Google sehingga akan menambah traffic ke blog/web anda. Gimana caranya?
Yuk join kelas Online SEO Artikel with IsahKambali. Tingkatkan popularitas dan lejitkan bisnis anda dengan cara cantik ala Ibudigital.

Hubungi Hotline kami di nomor : 083837060702

(Visited 220 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *