Menumbuhkan Bisnis Menggunakan Messenger Facebook

Pada umumnya kita mengenal Messenger Facebook adalah sebuah fitur tambahan untuk chat antar personal ataupun grup dengan pengguna Facebook lainnya. Namun dibalik fitur chat tersebut, ada banyak hal yang bisa gunakan untuk meningkatkan bisnis kita lho! Mau tahu lebih banyak? Yuk simak beberapa penjelasan berikut.

Facebook merupakan platform yang sangat terkenal sekarang ini, selain fitur facebook yang menampilkan post baik gambar ataupun video, facebook juga mengembangkan messenger yang memang penggunaannya lebih personal. Bisa chat secara pribadi dengan akun yang lain ataupun dengan grup/ komunitas yang kita ikut serta di dalamnya.

optimasi bisnis via fb
Mungkin teman – teman mengenal messenger ini sudah lama ya? Lebih lama dengan story facebook yang dibuat seperti instagram. Namun ternyata memakai messenger facebook ini bisa untuk berbisnis juga, tak sekedar fitur chat yang seperti kita pakai sebelumnya. Dari laman official Messenger sendiri menjelaskan bahwa dalam berbisnis Messenger ini mempunyai fungsi antara lain:

1. Memperoleh banyak pelanggan.
Messenger Facebook dapat digunakan untuk memperoleh banyak pelanggan. Kita bisa berdialog lebih personal terhadap pelanggan, sehingga mereka tidak kehabisan waktu untuk mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Dengan cara ini, transaksi bisa dilakukan dengan lebih efektif.

2. Mempermudah Transaksi
Dengan melakukan percakapan melalui Messenger, kita bisa lebih mudah merekomendasikan berbagai produk yang diinginkan pelanggan. Melalui cara tersebut juga dapat membangun rasa kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang kita kembangkan, serta dapat dengan mudah menambah koneksi untuk pengembangan bisnis kita.

3. Mengarahkan Kesadaran Pelanggan
Menggunakan Messenger akan memudahkan kita dalam mengarahkan kesadaran pelanggan atas kebutuhannya terhadap produk yang kita tawarkan. Membuat mereka yang tadinya hanya ingin melihat – lihat saja, akhirnya merasakan bahwa mereka sebenarnya membutuhkan produk tersebut. Kita akan lebih mudah menciptakan percakapan yang mendalam, meyakinkan pelanggan untuk membeli produk kita. Jadi Mesengger ini memang benar – benar dapat membantu kita dalam menumbuhkan bisnis, asalkan kita tahu bagaimana trik dan tips komunikasi yang cocok untuk setiap pelanggan yang berbeda – beda.

4. Menunjukkan Kepada Pelanggan bahwa Kita “Care”
“Care” tidak hanya kita munculkan kepada orang – orang terdekat, namun perlu juga memberikannya kepada pelanggan – pelanggan kita. Bagaimana kita memberikan jawaban yang jujur, sopan dan tetap meyakinkan mereka atas produk yang kita jual. Memudahkan mereka untuk mendapatkan akses informasi yang tepat atas produk yang kita jual juga bisa ditunjukkan melalui percakapan di Messenger.

Cara yang jarang digunakan orang untuk meningkatkan bisnis melalui Messenger:
a. Menggunakan custom bot design yang bisa muncul di chat Messenger. Ketika pelanggan mulai chat, bot tersebut akan menawarkan beberapa jawaban yang bisa dipilih oleh mereka. Lalu bot akan mengarahkannya ke pilihan lainnya yang lebih spesifik yang akhirnya akan ada pilihan berbagai macam produk yang bisa mereka beli.

b. Menggunakan iklan ke dalam Messenger kepada pelanggan tertarget. Seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan asuransi yang pernah menggunakannya, mereka mengatakan bahwa menggunakan iklan dan bot dalam Messenger ternyata mereka menyimpulkan ada sekitar 12% orang yang melengkapi kuisioner di Messenger dibandingkan dengan yang ada di website. Serta cara ini lebih murah 23% per lead dibandingkan dengan iklan di platform digital lainnya.

Nah, mau mencoba Messenger untuk meningkatkan bisnismu? Cobalah dalami semua ilmunya terlebih dahulu lalu aplikasikan ke dalam Messenger. Konsisten dan terus perbaiki hingga menghasilkan closingan yang lebih banyak. Semoga berhasil!

 

foto pexels

(Visited 59 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *