Mengapa Buah-buahan Sangat Penting Untuk Tubuh? Inilah 9 Alasannya

Buah-buahan sudah dikenal akan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan bahkan kecantikan. Sebagian besar buah mengandung vitamin, serat dan mineral yang membantu mencukupi nutrisi didalam tubuh. Bagi orang yang malas memakan buah, perlu dipikir ulang lho karena ada alasan bahwa buah-buahan itu penting untuk tubuh. Berikut alasannya:

tips jaga kesehatan
1. Menurunkan berat badan
Bagi anda yang memiliki masalah obesitas, buah berperan penting dalam membantu proses diet. Dengan mengonsumsi buah yang kaya akan serat, makan akan membuat tubuh kenyang dalam waktu yang lama sehingga bisa menekan nafsu makan. Selain itu, buah-buahan rendah yang rendah kalori tidak akan membuat cemas jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Apa yang kita makan akan menimbulkan efek dikemudian hari. Jika seseorang makan makanan yang baik maka tubuhnya akan terhindar dari penyakit, dan begitupun sebaliknya. Buah-buahan kaya akan vitamin bisa mencegah dari radikal bebas dan mineral seperti zinc, magnesium serta kalium bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga membuat seseorang tidak mudah sakit.

3. Meningkatkan memori otak
Buah-buahan dapat meningkatkan memori otak, sehingga tidak cepat lupa ketika mengingat sesuatu. Jadi, rutin-rutinlah makan buah segar.

4. Mencegah penyakit kronis
Banyak buah-buahan yang mengandung zat antioksidan yang bisa menangkal seseorang terkena efek dari radikal bebas, yaitu kanker. Selain itu, buah-buahan juga bisa mengurangi risiko terkena jantung, diabetes, dan kolesterol. Karena buah seperti oli yang melumasi tubuh. Buah bisa membakar lemak, dan menyerap zat-zat berbahaya.

5. Kaya nutrisi tapi rendah kalori
Buah merupakan salah satu komponen gizi seimbang. Keuntungan memakan buah adalah, nutrisi dalam tubuh terpenuhi namun rendah akan kalori sehingga menjaga proporsional tubuh. Nutrisi yang ada pada buah berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, proses metabolism dan masih banyak lagi.

6. Membuat awet muda
Orang yang rutin mengonsumsi buah akan terlihat lebih muda dan segar dari pada yang tidak. karena buah mengandung vitamin C dan E yang bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit yag berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.
Vitamin dan antioksidan pada buah seperti jeruk dan lemon bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan berkilau. Makanya banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak buah tersebut sebagai bahan dasarnya.

7. Melancarkan pencernaan
Buah merupakan sumber serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Serat dalam buah bisa mengoptimalkan pembentukan feses dan melancarkan pengeluarannya dalam tubuh. Jika anda mengalami sembelit, makanlah buah seperti pepaya dan apel karena buah tersebut efektif mengobati sembelit.

8. Bebas dari kolesterol
Kolesterol merupakan penyumbatan lemak jenuh yang tidak baik (LDL) pada pembuluh darah, dan jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit jantung. Buah-buahan mengandung lemak tak jeuh (HDL) yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi buah-buahan akan mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Baik untuk perkembangan janin
Ibu hamil disarankan rutin mengonsumsi buah-buahan segar. Asam folat yang ada pada buah, akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi lebih baik. Sedangkan serat pada buah akan melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari memakan buah. Jadi, jangan sampai membiarkan tubuh kekurangan buah, selain membuat sakit, menghabiskan biaya pengobatan yang lebih besar pula. Ingatlah, Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

 

foto pexels

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *