Membuat Presentasi Belajar Online Menarik Menggunakan Canva

Pandemi di tahun 2020 membawa banyak perubahan. Salah satu yang terbesar adalah adanya pembelajaran online di sekolah – sekolah formal. Padahal kita semua tidak pernah menduga bahwa pembelajaran online bisa secepat ini dilakukan di Indonesia. Ternyata, dikarenakan pandemi ini, semua bisa terlaksana dengan berbagai tantangan yang ada.

Bagi guru misalnya, mengajar online tak semudah apa yang dibayangkan. Apalagi bagi guru – guru yang mendekati usia pensiun, hal ini cukup menyulitkan. Walaupun dari pemerintah sudah memberikan pelatihan – pelatihan secara masif, namun tidak semua guru bisa mengaplikasikan dengan baik. Pun dengan kemampuan siswa untuk tetap fokus di depan layar PC atau smartphone mereka. Bisa jadi mereka sama sekali tidak tertarik dengan apa yang ditampilkan guru melalui file, situs, presentasi ataupun video untuk pembelajaran.

presentasi dengan canva

Namun dengan kecanggihan dan kemudahan teknologi saat ini, hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Para guru bisa membuat presentasi atau video pembelajaran singkat dengan ciamik menggunakan canva. Aplikasi ini memang booming beberapa tahun terakhir, karena kemudahannya untuk para pengguna, bahkan untuk pemula. Tinggal edit template, pasang ini – itu, dan jadi. Nah, buat guru – guru juga bisa memakainya untuk membuat presentasi yang menarik. Mau tahu caranya? Kita coba sesuai langkah – langkah berikut ini:

1. Masuk ke laman canva.com untuk login ataupun register akun.
2. Klik menu “Buat Desain” di pojok kanan atas. Scroll hingga muncul “Presentasi” atau “Presentasi Video”. Pilih “Presentasi” saja apabila ingin tidak menggunakan video. Namun jika ingin menyisipkan video, kita bisa memilih “Presentasi Video”.
3. Setelah masuk ke menu editor, pilihlah template yang paling cocok. Klik saja gambar template tersebut, lalu akan muncul pilihan untuk menerapkan template tersebut ke semua halaman presentasi atau bisa memilih salah satu halaman saja. Nah, setelah di klik, secara otomatis akan muncul di halaman presentasi yang akan kita edit.
4. Editlah mulai dari judul presentasi. Klik judul yang ada di template, lalu ubah dengan judul yang diinginkan. Kita bisa juga mengubah jenis font di panel bagian atas. Pilihlah font yang sesuai dan ukuran yang pas.
5. Jika ingin menambahkan ilustrasi foto yang tidak kita punyai, maka klik saja di bar bagian kiri yang menampilkan menu “Foto”, ketiklah kata kunci dari foto yang ingin kita cari di kolom yang tersedia. Maka, dalam hitungan detik akan muncul rekomendasi foto – foto yang bebas kita pakai. Namun ada juga foto yang hanya bisa kita pakai jika kita upgrade akun canva.
6. Bukan mencari foto? Tapi memerlukan elemen – elemen gambar untuk menambahkan ilustrasi yang pas dalam presentasi? Kita bisa mencarinya di “Elemen” yang terdapat di bar sebelah kiri. Hampir sama dengan Foto kita bisa menuliskan kata kunci elemen yang akan kita tambahkan, misal “line”, “square”, ataupun “circle” dan sebagainya. Dari elemen – elemen tersebut ada juga elemen yang bisa kita ubah warna – warnanya, sehingga bisa menyesuaikan warna dari template yang dari awal kita pilih.
7. Ingin menambahkan backsound dan video? Sama juga. Kita bisa menemukan berbagai music dan video melalui bar sebelah kiri.
8. Jika ingin menambahkan foto atau video yang kita punyai, maka klik saja menu “Unggahan”, lalu “Unggah Media”, dan klik “Perangkat” jika kita ingin mengambil dari PC atau smartphone.
9. Edit semua konten presentasi. Kita bisa menggunakan copy-paste dari sumber materi yang telah dituliskan sebelumnya. Ubah posisi, setting font dan ukurannya.
10. Jika sudah selesai, maka kita bisa menampilkan terlebih dahulu sebelum file presentasi tersebut kita unduh.

Selamat mencoba, semoga cara di atas bisa mempermudah para guru untuk membuat presentasi yang menarik tanpa mendesign dari awal. Canva juga memberikan kemudahan dalam belajar online seperti “Canva for Education” yang dapat kita pakai dengan mendaftarkan email yang dari institusi tempat guru mengajar. Di sana ada banyak fitur yang sangat mendukung bagi dunia pendidikan.

 

foto pexels

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *