Inflasi Rendah Maka Kesejahteraan Tinggi

Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) diselenggarakan oleh Bank Indonesia bertujuan untuk membentuk masyarakat yang terbiasa dan nyaman untuk melakukan transaksi non tunai atau tanpa menggunakan uang fisik, melainkan menggunakan instrumen lain yakni dalam bentuk kartu dan uang elektronik, sehingga terbentuk Less Cash Society (LCS) atau Masyarakat Non Tunai.
Dengan GNNT ini berarti masyarakat diharapkan mulai sekarang mengurangi kepemilikian uang tunai dan menyimpannya di Bank. Kepemilikian atas uang di Bank tersebut kemudian dapat digunakan oleh masyarakat dengan bantuan instrumen berupa kartu seperti kartu debit dan kredit dan uang elektronik atau e-money. Dengan begitu jumlah uang yang beredar dimasyarakat akan berkurang dan dapat dikendalikan.

Apakah Anda mengetahui alasan kenapa uang tunai yang beredar tidak boleh terlalu banyak atau berlebih? Kenapa harus dikurangi dan dikendalikan? Alasannya adalah untuk mencegah terjadinya inflasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa inflasi adalah salah satu fenomena ekonomi dalam hal jual beli dimana harag barang-barang yang dijual mengalami kenaikan harga secara luas atau menyuluruh. Hal ini terjadi karena ketika uang beredar banyak di masyarakat artinya masyarakat memegang uang tunai banyak dan akan mengakibatkan keinginan untuk membeli suatu barang akan menjadi tinggi. Kondisi keinginan membeli yang tinggi inilah yang akan menimbulkan inflasi atau kenaikan harga secara umum. Inflasi mungkin bagi kalangan ekonomi menengah ke atas tidak terlalu menjadi masalah, namun akan menjadi masalah besar bagi masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah, apalagi jika inflasi terjadi pada barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula dan sebagainya.

Oleh karena itu, GNNT selain banyak memberikan manfaat seperti lebih praktis dan efisien dalam transaksi, lebih aman, lebih akuntabilitas, juga membantu mencegah inflasi. Selain itu, apabila masyarakat menyimpan uangnya di Bank, maka uang tunai tersebut dapat diputar dan dialokasikan untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat seperti bantuan sosial, bantuan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan sebagainya dan terus demikian membentuk siklus perputaran uang. Terlebih lagi GNNT juga dapat membantu mengurangi pengeluaran Negara dalam biaya pembuatan uang. Apakah Anda ketahui, bahan untuk membuat uang kita terutama uang logam adalah hasil impor. Dengan demikian, anggaran Negara tersebut bisa dialokasikan untuk kepentingan lain untuk kepentingan masyarakat.

Kesimpulan dari bahasan di atas adalah GNNT dapat membantu mencegah inflasi dan sekaligus mensejahterakan masyarakat. GNNT perlu didukung oleh semua pihak tanpa terkecuali, baik Pemerintah maupun masyarakat semuanya harus melaksanakan GNNT. Tidak aka nada kerugian yang akan Anda dapatkan dari bertransaksi non tunai, justru manfaatnya yang banyak. Dengan melaksanakan GNNT, Anda dapat manfaatnya, masyarakat juga.

(Visited 91 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *