Apa itu StartUp Bisnis? Bedanya Sama Bisnis Offline Apa ?

Dalam dunia bisnis, banyak orang yang masih bingung ketika menggunakan kata “StartUp”, masyarakat umum memiliki 2 persepsi yang berbeda. Ada yang bilang startup itu seperti jualan bakso, jual mie ayam, grosir kain di mayestik, atau apapun jenis bisnisnya asal bisnis nya tersebut baru dimulai. Namun, ada juga yang mengatakan startup itu erat kaitan nya dengan teknologi, jadi yang namanya startup ya bisnisnya gak jauh-jauh dari dunia digital. Jadi mana yang benar ya?

Sebenarnya, semua persepsi tersebut benar, bisnis offline tentu sah sah saja menggunakan kata startup, jenis startup ini disebut sebagai small bisnis startup. Akan tetapi dari sejarah munculnya kata startup dan dengan seiring perkembangan waktu serta perkembangan teknologi, masyarakat kini sering mengkaitkan antara startup dengan aplikasi, website dan teknologi modern lain nya, sering disebut juga scalable startup. Lalu apa bedanya?

Karakteristik small business startup ini pada dasarnya, produk dan konsumen nya sudah diketahui dari awal. Contoh mudahnya adalah warteg yang dibuat dekat kos – kosan kampus. Konsumen mereka jelas yaitu sebagian besar anak-anak kampus yang tinggal di kos. Produk mereka juga jelas yaitu makanan rumahan seperti sayur, ayam goreng, telur, dll. Small business startup dikatakan naik level ke bisnis yang established ketika model bisnis ditemukan, bisnisnya menghasilkan profit dan ada tim yang tetap.

Karakteristik scalable startup ini pada dasarnya, produk dan konsumen nya tidak diketahui dari awal, secara kontras scalable startup juga memfokuskan diri pada pencarian model bisnis yang scalable dan repeatable.

Saat ini, lazim nya nama startup sering berkenaan dengan dunia teknlogi dan online. Supaya anda lebih paham, kami akan membantu menjelaskan definisi Apa Itu StartUp Bisnis?
Dalam bahasa inggris, startup adalah sebuah usaha rintisan yang baru berdiri. StartUp Company adalah perusahaan yang baru berdiri dan berkembang dengan cepat. Lebih jelasnya, Startup adalah perusahaan/Bisnis yang baru saja didirikan dan sedang dalam fase perkembangan dan penelitian untuk menemukan sasaran pasar dengan tepat, dengan cara yang tepat sehingga bisnis tersebut mampu berkembang dengan cepat.

Startup menggunakan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan masalah klien nya secara khusus dan masyarakat secara umum. StartUp melakukan terobosan-terobosan revolusioner yang membawa pengaruh sangat besar pada masyarakat. Yang pasti, melihat tren dekade ini, startup selalu erat kaitan nya pada gebrakan ide, model bisnis yang unik, bekerja dengan memecahkan suatu permasalahan, pertumbuhan yang cukup cepat dan cenderung fenomenal, serta satu hal yang yang cukup khas dan berorientasi pada teknologi informasi.

Contoh gambaran bisnis startup yaitu : Facebook pada tahun 2004 adalah sebuah startup. Mark Zuckenberg, seorang mahasiswa dari harvard, memulai mendirikan cikal bakal facebook sebagai sebuah media sosial beken di kalangan kampusnya. Seiring waktu, facebook makin terkenal di kalangan kampus-kampus lain di Amerika, hingga akhirnya dipakai juga oleh masyarakat umum. Startup tersebut akhirnya didanai oleh investor dan Facebook menjadi perusahaan teknologi raksasa.

Dalam bisnis startup ataupun bisnis lain pada umumnya, sangat penting untuk memetakan permasalahan yang siap dipecahkan oleh setiap startup. Masyarakat bagaikan klien atau pembeli, yang harus bisa dibujuk untuk menjadi user sebuah startup, berbayar maupun tidak.

Dengan meningkatnya pengguna internet yang besar, maka akan besar pula keinginan dan kebutuhan setiap orang. Hal ini juga menjadi salah satu faktor cukup pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia terutama startup. Dengan melihat banyak nya pengguna internet yang terus meningkat, sehingga melahirkan banyak pelaku bisnis startup bermunculan karena adanya pasar dari pengguna internet yang menggiurkan untuk memasarkan produk dari startup ini.

Semoga bermanfaat..

(Visited 514 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *