Apa itu Hosting Pada Website

Para Reader yang menemukan artikel ini dan sedang membaca artikel ini pastinya sudah mengenal dunia internet. Dunia internet saat ini sudah menjadi bagian dari Masyarakat dunia. Peran dunia Internet sangat beragam, dari yang mencari informasi-informasi yang belum pernah di ketahui, mencari teman-teman baru, berinteraksi dengan teman atau keluarga yang berbeda tempat, sampai mencari beberapa kebutuhan sehari-hari.

Tapi Walaupun begitu masih banyak orang-orang yang mengenal dunia internet tapi masih asing dengan istilah-istilah yang ada di dunia Internet. Dengan kita memahami istilah-istilah yang ada di dunia internet akan bisa membantu kita mengikuti perkembangan dunia digital yang sedang maraknya ini. Dengan lebih mengerti lagi anda bisa melakukan bisnis di dunia Online dan dapat bersaing dengan Kompetitor-kompetitor pebisnis online.

Istilah dasar di dunia Internet adalah mengenai Website. Dalam membuat Website ada yang namanya Domain dan ada yang disebut Hosting. Di artikel lain saya sudah menjelaskan tentang Apa itu Domain, Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan temannya yaitu apa itu Hosting.

Hosting adalah tempat yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data-data yang diperlukan di sebuah website. Kalau di analogikan sebuah bangunan atau Rumah, Hosting itu adalah tanah tempat bangunan atau rumah tersebut, Website adalah Bangunan atau rumah tersebut, dan Domain adalah alamat dari bangunan atau rumah itu.

Jika dalam bangunan kita menaruh Kasur, lemari, kulkas, meja, kursi dan lainnya, kalau di hosting kita menempatkan beberapa Teks, tulisan, Gambar, Video, aplikasi, file dan data lainnya. Setiap situs yang kita buat sehingga banyak yang mengaksesnya, harus di simpan dalam bentuk Host.

Lalu bagaimana menggunakan hosting tersebut? Hosting sama dengan domain, kita harus menyewanya, tidak bisa selamanya kita menggunakan hosting tersebut. Untuk mendapatkannya cukup mudah, cari saja beberapa penyedia jasa hosting di internet.

Apakah ada Hosting yg Gratis? Untuk menggunakan Hosting Gratis itu banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan Space yang kita gunakan, sering muncul iklan-iklan yang tidak kita kehendaki juga, aksesnya juga lambat dan banyak kekurangan lainnya.

Yaps.. itulah perkenalan singkat mengenai istilah di dunia Internet yang akan sering kita lihat dan dengar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

(Visited 96 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *