Apa itu Affiliate Marketing

apa-itu-affiliasi-marketing

Bisnis online saat ini beragam sekali bidangnya. Ada yang menjual berbagai macam Produk, seperti Produk Kuliner, Cemilan, Fashion, Hijab, Property, dan lainnya, Selain itu juga ada yang menggunakan Jasa sebagai bisnisnya, contohnya seperti Jasa pembuatan Website, Jasa penulisan artikel, Jasa SEO, dan ada yang namanya Affiliate Marketing. Apa itu Affiliate Marketing? di Artikel ini akan saya sedikit jelaskan mengenai Affiliate Marketing.

Affiliate Marketing adalah salah satu cara menghasilkan income atau bisnis yang banyak di pilih oleh para Pebisnis Online dan juga Internet marketer. Menurut Pengertiannya Affiliate Marketing adalah Suatu cara menghasilkan income atau bisnis yang dimana kita membantu mempromosikan Produk atau Jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan Komisi akibat kita menjual Produk atau jasa tersebut.

Intinya Affiliate Marketing adaah model bisnis berbasis komisi, jika anda berhasil menjualkan produk orang tersebut, anda akan mendapatkan komisi atau uang. Memang mirip dengan sales yang melakukan door to door, tapi disini anda hanya perlu melakukan aktifitas marketing di depan komputer, Smartphone, atau tablet anda dengan memerlukan kuota Internet. Affiliate Marketing sering disebut Makelar Online.

Bagaimana cara kerja Affiliate Marketing?

Sederhananya tugas yang terpenting dari Affiliate Marketing adalah dengan mengirimkan visitor ke website Affiliate tersebut. Jika visitor atau pengunjung tersebut melakukan sebuah transaksi di Website tersebut, nanti Pemilik website tersebut akan mengetahui Visitor tersebut datang dari anda, lalu nanti anda akan memperoleh komisi.

Bagaimana Pemilik Website Affiliate bisa tahu bahwa visitor tersebut datang dari kita? Ketika seorang visitor klik Website affiliate tersebut dan mengakses ke Website tersebut, sebenarnya sudah tercantum di Back end Website mereka. Atau juga biasanya juga menggunakan kode Referral. Setiap Anggota Affiliate Marketing memiliki Kode Referral yang berbeda-beda, untuk mengetahui darimana para visitor tersebut dapat info Website affiliate.

Di luar Negeri hampir semua toko atau Merchant menjual Produk atau Jasa mereka dengan metode Affiliate, seperti eBay, Amazon.com, Walmart, Home Depot, dan lainnya. Kalau di Indonesia ada Ratakan.com, Lazada.co.id, dan lain sebagainya.

Untuk menjalankan Affiliate Marketing anda juga perlu membangun Website atau Blog anda sampai tersebar kemana-mana, anda juga perlu memperkenalkan Kelebihan anda kepada Customer atau visitor.

Begitulah sekilas mengenai Affiliate Marketing, semoga penjelasan Artikel IbuDigital ini bisa bermanfaat untuk anda sebagai Pembaca.

(Visited 192 times, 1 visits today)

Comments

  1. Kalau untuk afiliate marketing tu, yg belum paham cara memaksimalkan klik itu lho mbak. apa ada acara tertentu?

    1. Ibu Digital says:

      caranya dengan membuat copywriting yang menarik mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *