Tutorial Desain –  Terkadang, saat kita sedang travelling dan berfoto-foto ria kita ingin langsung meng-upload foto ke Instagram. Memang foto dengan kamera IPhone atau Android bermegapixel tinggi juga sudah bagus, tetapi terkadang kita butuh menyempurnakan hasil foto dengan mengeditnya. Atau ketika anda sedang mengikuti lomba photography yang mengharuskan mengupload saat itu juga, nah untuk memudahkan mengedit dalam smartphone, anda bisa menggunakan salah satu aplikasi bernama Snapseed.

Snapseed ini merupakan aplikasi edit foto di smartphone yang memiliki tools yang komplit dan aplikasi ini juga gratis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk seorang pemula dan anda bisa mendownloadnya langsung di playstore atau apple store.

Cara paling mudah ketika mengedit foto adalah dengan menambahkan filter yang secara instan merubah warna tema foto atau kecerahannya. Namun, terkadang ada beberapa tema yang kurang pas seperti kecerahan terlalu tinggi, terlalu gelap, tidak natural dan sebagainya. Oleh karena itu, agar hasil editan sesuai keinginan kita, kita bisa mengedit sendiri dengan mengatur lagi tingkat ketajaman efek, kecerahan, rotasi dan lain-lain. Di artikel ini akan menjelaskan bagaimana mengedit foto dengan aplikasi Snapseed.

1. Buka aplikasi Snapseed, klik ikon handphone bertuliskan “open photo”
2. Anda bisa memilih foto yang akan di edit dari file smartphone.
3. Kemudian setelah memilikih foto, akan muncul pilihan tools editor di layar smartphone.
berikut detail tools yang ada:

aneka fitur snapseed

fitur snapseed untuk edit foto

Untuk mengedit foto, anda bisa memilih beberapa tools yang perlu untuk mempercantik foto. Berikut tools yang biasa dipakai dalam mengedit

 Crop
Fungsi cropping adalah untuk memotong bagian foto yang tidak perlu dan bisa mengatur ukuran foto yang anda butuhkan. Anda bisa menggunakan rasio 1:1 yaitu foto yang berbentuk kotak untuk instagram.

 Rotate
Fungsi Rotate yaitu untuk memutar foto jika dirasa orientasinya salah atau bisa juga meluruskan horizon foto. Untuk mengaturnya, anda tinggal memutar ke kanan atau ke kiri.

 Text
Fungsi tools ini adalah untuk menambahkan tulisan pada gambar. Biasanya untuk menandakan bahwa gambar itu merupakan hasil foto gambar produk milik kita.

 Tune Image
Di tools ini terbagi lagi menjadi beberapa menu. Di tools Tune Image anda bisa mengedit otomatis dengan men-tap ikon magic wand. Tetapi, kalau ingin mengatur foto agar lebih detail, bisa tap menu editing. Menu ini bisa mengedit seluruh bagian foto. Berikut menu edit yang tersedia:

• Brightness : mengatur terang dan gelapnya gambar
• Warmth : menambahkan efek foto warm (kekuningan) dan cool (kebiruan) pada gambar
• Contrast : mengatur tingkat kekontrasan gambar
• Saturation : mengatur tingkat kepekatan pada gambar
• Highlights : mengatur gelap terangnya bagian shadow yang dibuat
• Shadows : membuat bayangan pada gambar
• Ambiance : menyeseuaikan keseimbangan cahaya gambar

 Selective
Tools Ini memungkinkan untuk mengedit foto di bagian tertentu saja. Terkadang para pemula belum optimal mengatur pencahayaan yang menyebabkan benda di foto menjadi terlalu gelap sehingga efek foto tidak bersih dan jelas.
Dengan tool ini, anda bisa mengatur brightness, contras, dan saturation di bagian tertentu saja, caranya dengan men-swap vertikal. Untuk mengedit anda bisa swap horizontal. Jumlah maksimal mengedit selective adalah 8 titik. Mengatur area editan dengan men-zoom in atau zoom out.

Berikut tutorial mengedit foto di Instagram dengan Snapseed dan beberapa cara penggunaan tools yang sering dipakai. Setelah membaca iartikel ini, anda bisa langsung mencobanya dengan mudah.

(Visited 49 times, 1 visits today)