Memiliki sebuah blog adalah hal yang menyenangkan karena kita dapat berbagi apapun yang kita suka, dan kalau kita serius dalam merawat blog, kita juga bisa mendapatkan penghasilan yang layak dari blog kita. Untuk itu kali ini kami akan memberikan Tutorial Bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot.

Ada banyak platform blogging yang menawarkan untuk membuat Blog secara gratis. Jika kita mencari blog yang gratis, disarankan untuk memulai blog dari WordPress.com atau Blogger.com

Blogspot mengijinkan kita untuk membuat blog secara gratis dan tentunya memiliki keterbatasan, tapi untuk pemula membuat blogspot merupakan ide yang baik sebagai langkah awal dalam membuat blog.

Blogspot adalah platform blogging dari Google yang memberikan pelayanan untuk membuat sebuah blog, semua gambar blog kita akan disimpan oleh Picasa yang merupakan bagian dari Google.

Sebenarnya panduan atau Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot  ini ditujukan bagi pemula atau bagi yang masih bingung untuk memulainya. Jadi, untuk para senior dan mastah lewatkan saja bacanya ya..

Banyak yang masih bingung membuat blog gratisan walau sudah membaca kesana kemari, pada artikel ini kami akan mencoba menjelaskan dengan bahasa yang mudah dicerna sehingga anda bisa mengikuti panduan tutorial ini dengan cepat. Namun, yang paling utama adalah praktek, learning by doing kalo kata nenek.

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

  1. Mempunyai akun Google atau Gmail
    anda harus memiliki akun email di gmail, kalau belum punya alamat email klik disini untuk mengikuti tutorialnya Cara Membuat Email Gmail
  2. Membuat Blog : Kunjungi Blogger.com
    – Jika sudah memiliki email gmail maka langsung saja kunjungi web ini www.blogger.com lalu akan muncul halaman sign in ke Akun Google (Gmail)
    – Masukkan email dan password anda kemudian sign in
  3. Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google Plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google Plus.
  4. Klik tombol lanjutkan ke blogger
  5. Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silakan klik tombol “Blog Baru”
  6. Setelah kita klik tombol “Blog Baru” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain.
    – Kolom pertama : isikan judul atau nama blog
    – Kolom kedua : isikan alamat blog kita (jika tersedia maka akan muncul tanda ceklis, jika sudah ada yang memiliki akan muncul tanda silang)
    – Menu selanjutnya pilih template : untuk sementara pilih saja yang standar (kita bisa merubahnya nanti pada halaman template)
    – Selanjutnya tekan tombol “buat blog”
  7. Untuk membuat artikel klik menu “memulai posting” dengan lambang pensil di sebelah kanan nama blog baru anda

Sekarang blog anda sudah jadi, semoga bermanfaat!

(Visited 1,029 times, 1 visits today)