Perkembangan dunia Teknologi semakin menjamah ke setiap kalangan Masyarakat. Dari yang menengah ke bawah sampai menengah ke atas, dari yang tua sampai anak-anak. Di tambah lagi era digital yang seperti saat ini, sebagai seorang ibu tentunya harus menjaga dan mengajari hal-hal yang positif, contohnya dalam pemakaian Gadget dan aplikasinya. Karena biasanya sang anak lebih cepat belajar dan mengerti hal yang baru, terutama hal yang disukainya.

Salah satu aplikasi yang disukai saat ini adalah Aplikasi Video yang bernama Youtube. Di dalam Youtube terdapat video Tutorial, informasi Game, Olahraga, berita, bisnis, film dan lain sebagainya. Tentunya bagi sang anak yang sering mereka lihat biasanya adalah Film kartun dan video tutorial, entah itu tutorial Game, tutorial membuat mainan, dan lain sebagainya. Namun terkadang di bagian kanan Youtube yang berisi Youtube Video Suggestion terkadang muncul hal-hal yang berbau dewasa, atau yang negatif untuk anak seusianya. Untuk itu kita perlu tahu tips menjaga anak dari hal yang tidak layak untuk di lihat.

1. Awasi pergerakan anak anda

Biasanya seorang anak lebih lama waktunya bersama ibunya, oleh karena itu, sang ibu bisa terus mengawasi anaknya. Jika menggunakan Komputer atau Laptop, taruhlah di tempat yang dapat kita awasi, seperti di ruang tamu atau ruang keluarga misalnya, bukan kamar tidurnya. Jika menggunakan Gadget, anda bisa terus di sampingnya sembari mengawasi dan memberi saran Video yang cocok untuknya

2. Buatkan Peraturan

Jika anak anda sudah terlalu sering bermain gadget atau Komputer/laptop, mulai saat ini anda bisa membuat jadwal penggunaan internet di rumah. Anda bisa menjadwalkan sabtu minggu misalnya, atau hari libur lainnya.

3. Buatkan Playlist yang cocok untuk anak

Untuk membuat playlist ini anda tinggal mencari video khusus anak-anak lalu klik “+ Tambahkan ke” di bawah akun Youtube. atau jika anda menggunakan android, anda putar videonya lalu nanti di bagian atas terdapat tanda + lalu pilih “Buat daftar putar baru”

4. Aktifkan fitur “restricted mode” pada Youtube

Untuk mengaktifkan Fitur ini anda bisa scroll ke bagian bawah halaman Youtube, cari tulisan Restricted mode lalu klik, dan pilih “on” untuk mengaktifkannya lalu simpan. Jika dalam bahasa Indonesia disebut “Mode terbatas”. Fitur ini untuk memfilter Video yang berisi konten yang tidak pantas akan hiden atau disembunyikan.

5. Perbanyak bermain dengan anak secara Offline

Sang anak terkadang butuh perhatian dari orang tuanya, jadi lebih perhatikanlah mereka dan ajak bermain. Khususnya kepada orang tua yang belum memperkenalkan Gadget kepada sang anak. Berilah waktu lebih banyak untuk sang anak.

Oke.. itu saja tips dari Ibudigital, dalam menjaga sang anak di Era digital ini, khususnya Youtube. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, dan tularkan pemakaian internet yang positif, bisa dimulai dari diri kita.

foto amazon

(Visited 575 times, 1 visits today)