Tips Mengatasi Anak Addict Gadget

Addict atau kecanduan gadget adalah suatu masalah yang cukup serius, apalagi jika terjadi pada anak – anak. Mungkin pada awalnya anak tidak menyadari bagaimana dia merasa senang ketika memegang gadget, terutama yang dihubungkan dengan internet, dan sampai menghabiskan waktu sehari – harinya dengan gadget. Bahkan bagi orang tua pun ada yang tidak menyadari bahwa anak – anaknya bisa addict terhadap gadget. Alih – alih supaya anak diam tidak mengganggu pekerjaan orang tua, justru malah menjerumuskan anak ke suatu masalah yang lebih besar.

Kecanduan gadget dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Bagi orang dewasa perilaku kecanduan gadget ini bisa menyebabkan gangguan pada organ – organ tubuh, apalagi bagi anak – anak dimana pada umur mereka semua organ tubuh sedang pesat – pesatnya berkembang. Apa saja organ tubuh yang terganggu? Otak dan mata, serta berefek juga pada kualitas tidur, secara psikologis akan lebih cenderung emosional, merasa lebih kesepian ketika tidak bermain gadget, dan banyak tingkah laku lainnya yang tidak semestinya terjadi pada mereka.

Lalu sebagai orang tua, langkah apa yang perlu diambil untuk mengatasi anak yang addict terhadap gadget ini? Nah, di sini ada beberapa tips supaya anak bisa lepas dari kecanduan gadget, antara lain:

1. Batasi penggunaan gadget pada jam – jam tertentu.
Buat kesepakatan dengan anak tentang penggunaan gadget pada waktu – waktu tertentu. Perlu diperhatikan juga supaya saat bersama – sama dengan keluarga, saat makan bersama, dan saat akan tidur tidak diperbolehkan memegang gadget.

2. Tidak dihubungkan dengan internet.
Batasi pemakaian internet pada gadget yang dipinjamkan kepada anak. Sebelumnya orang tua harus memilih program – program pada gadget yang memang aman dan friendly untuk anak.

3. Berikan tontonan yang edukatif.
Selain menggunakan gadget, berikan tontonan – tontonan edukatif yang bisa membuat anak tertarik dan membangun rasa antusias mereka melebihi rasa keinginan mereka bermain dengan gadget.

4. Pilah tontonan atau games untuk anak – anak.
Orang tua perlu memberikan tontonan yang edukatif seperti pada poin nomor 3 dan juga berikan games – games menarik yang bisa membuat mereka bahagia bermain games dengan Anda.

5. Berikan pendampingan ketika anak bermain gadget.
Jangan tinggalkan anak ketika anak sedang bermain gadget. Entah sedang bermain games online ataupun menonton video streaming, jangan pernah tinggalkan mereka. Karena ada banyak jebakan online yang bisa saja muncul ketika games atau video sedang di mainkan.

6. Orang tua tidak sibuk dengan gadget ketika bersama anak – anak.
Berusaha menahan diri untuk tidak memegang gadget ketika sedang mengkhususkan waktu bersama anak – anak. Anak – anak masih cenderung meniru orang tua atau orang – orang di sekitarnya. Sekalipun sudah dilarang untuk bermain gadget, kalau orang tua tidak membatasi diri juga anak kemungkinan besar akan protes bahkan memberontak. Di sinilah ada fungsi keteladanan yang perlu orang tua lakukan.

7. Pahamkan kepada anak – anak tentang fungsi gadget ketika orang tua menggunakannya.
Jika orang tua terpaksa memegang gadget jika bersama anak – anak, pahamkan kepada mereka bahwa fungsi gadget ini untuk masalah pekerjaan atau ada hal penting lainnya yang memang harus menggunakan gadget. Pahamkan juga bahwa gadget untuk anak – anak bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak. Sehingga mereka lebih paham mengapa orang tuanya membatasi gadget pada mereka.

8. Komitmen bagi orang tua untuk melaksanakan aturan yang telah disepakati dengan anak – anak.
Selain anak yang perlu menaati kesepakatan bersama, orang tua pun harus berkomitmen untuk membantu anak – anak lepas dari kecanduan gadget ini.

9. Ajak anak – anak melakukan kegiatan positif lainnya seperti membaca buku dan berolahraga.
Selain gadget, ada banyak jenis kegiatan bersama yang bisa dilakukan dengan anak – anak, seperti membacakan dongeng untuk mereka, mengajak bersepeda atau lari bersama, membuat masakan kesukaan dan banyak hal lainnya yang bisa mengalihkan perhatian anak – anak dari gadget.

9 poin di atas bisa menjadi panduan bagi Anda sebagai orang tua supaya anak – anak bisa lepas dari kecanduan gadget, khususnya handphone. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

foto pexels

 

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *