Tips Kesehatan – Cara Meredakan Nyeri Haid

Sedang haid ? Badan rasanya ga enak ? Bahkan mulai merasakan nyeri haid ? Nah, jika kamu mengalami nyeri saat haid maka artikel kali ini sangat berguna banget karena akan kita bahas bagaimana cara meredakan nyeri haid. Yuk langsung disimak.

Nyeri haid bisa dikatakan keluhan yang sudah biasa terjadi untuk mereka yang sedang datang bulan. Perut rasanya seperti dikeramas belum lagi pinggang sakit ditambah emosi dan mood yang ga stabil. Pokoknya makin lengkap apalagi jika bertepatan dengan deadline kerja yang sudah didepan mata. Maka nyeri haid yang muncul rasanya menjadi dua kali lipat.

Proses haid sendiri adalah pendarahan di uterus dan mengeluarkan darah via vagina karena sel telur tidak dibuahi. Siklus haid sendiri sangat normal terjadi pada setiap wanita dengan durasi lamanya adalah 4-6 hari. Saat haid datang kita akan mengalami banyak gejala seperti pegal dibadan, nyeri haid, mood yang berubah-ubah, jerawat bermunculan, keputihan, diare, nyeri dibagian payudara dll. Dan hal ini sangat lumrah karena terjadinya perubahan hormon.

Nah, jika saat kita haida dan mengalami nyeri haid maka 6 tips ini dapat sangat berguna. Berikut 6 cara meredakan nyeri haid :

perbanyak minum air putih saaat nyeri haid

  1. Cukup minum air. Hal ini sudah pasti karena air sangat dibutuhkan untuk lancarnya sirkulasi aliran darah kita terutama jika kita cukup mengkonsumsi air putih. Apalagi jika air putihmu kamu tambahkan perasan jeruk lemon so makin seger dibadan dan tentunya sehat
  2. Makan makanan yang rendah lemak ya. Perbanyak sayuran, buah-buah dan makanan yang mengandung serat
  3. Jika nyeri haid datang, kita bisa menggunakan kompres air hangat dibagian yang terasa nyeri.
  4. Lakukan pijatan yang membuat pegal-pegal dibadan pergi dan kita juga merasa rilex. Bisa juga melakukan pijatan dengan memutar lagu yang tenang dan membuat rilex.
  5. Tetap bergerak dan aktifitas. Jangan mentang-mentang sedang haid lalu jadi bikin kita males-malesan untuk bekerja atau aktifitas lainnya. Saat kamu sibuk dengan aktifitasmu pasti rasa nyeri haid akan berkurang dan teralihkan
  6. Ganti pembalutmu secara rutin sehingga nyaman dan enak dibadan. Ketika pembalut terasa penuh maka rasanya pasti kurang nyaman. Sudah nyeri ditambah ga nyaman pasti rasanya double-double. Nah, pastikan kebersihan dan badanmu tetap segar serta bugar

Selain itu kita juga perlu tahu loh bagaimana agar datang bulan atau haid kita lancar dan tuntas. Berikut tipsnya:

  1. Cukup minum air putih. Kebutuhan konsumsi air putih kita dalam sehari idealnya adalah 2liter sehari. Tapi jika kita mengkonsumsi air putih hingga 3,5 liter per hari maka otomatis metabolisme tubuh kita juga akan meningkat 30-4o persen. Otomatis pencernaan, peredaran darah, bahkan fungsi otak menjadi maksimal. Ga ada tuh ngehang dipikiran karena asupan air putih yang dibutuhkan otak sangat cukup. Plus bonusnya lagi kita akan terhindar dari sakit kepala.
  2. Cukup tidur. Istirahat terutama tidur memang memberikan andil yang lumayan besar untuk lancar atau tidaknya haidmu. Jika kamu sering begadang dan tidur terlambat maka metobolisme tubuhmu juga terdampak.  Tidak hanya berefek haid tidak lancar melainkan juga bisa berdampak dan menimbulkan penyakit lain seperti sakit kepala, pusing, masuk angin dan jika gaya hidup ini berlanjut maka tidak menutup kemungkinan maka akan datang sakit yang lebih serius.
  3. Pola makan dijaga. Makan makanan yang sehat, no junk food atau makanan yang tidak diolah dengan baik. Karena tubuh kita membutuhkan asupan gizi serta nutrisi yang baik agar kinerjanya maksimal.
  4. Kelola stressmu. Yes, stress cukup memberikan pengaruh loh pada lancar atau tidaknya haid. Jika kamu cenderung stress maka haid bisa jadi lebih singkat atau sebaliknya. Jika kita stress homon kortisol didalam tubuh kita menjadi tidak seimbang dan akibatnya adalah siklus haid terganggu
  5. Cukup berolahraga. Lakukan olahraga ringan secara konsisten maka akan membuat tubuhmu makin sehat serta bugar. Jika badan kita sehat maka saat haid datang lebih teratur dan lancar. Nah, jika kamu sedang haid maka pilihlah olahraga yang ringan dan jika merasa sudah kelelahan maka jangan memaksakan diri ya. Ingat badanmu juga perlu istirahat ditambah kamu juga sedang datang bulan. Lakukan olahraga jalan kaki, bersepeda, yoga atau pilates, senam yang ringan. Hindari olahraga-olahraga berat seperti mengangkat beban, berenang (bisa meleber kemana-mana kalau kamu melakukan renang saat haidmu sedang banjir-banjirnya), dan olahraga yang dirasa harus dilakukan dengan waktu atau durasi yang lama.

Nah, bisa kan melakukan 5 tips diatas. Jika haidmu sedang “banjir-banjirnya” maka pastikan untuk menggunakan pembalut yang nyaman dan ga tembus. Jika kamu membutuhkan pembalut yang enak dipakai dan pas untuk segala aktiftas maka pastilah jawabannya adalah Charm. Dengan banyak pilihan maka dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Selalu cadangkan dan bawa pembalut saat hari H akan tiba, tetap enjoy beraktiftas meski kamu haid. Semangat ya

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *