Bisnis Online saat ini menjadi Hot-hotnya di Hampir seluruh Dunia. Berbagai background pun tertarik ingin mempunyai Bisnis yang lagi Trend saat ini. Beberapa dari mereka adalah mahasiswa, Pekerja atau karyawan, Anak sekolahan, pengangguran dan bahkan sampai Ibu Rumah Tangga. Yang jadi perhatian adalah Ibu Rumah Tangga, yang dimana Ibu Rumah Tangga harus membagi waktu untuk anaknya, Suaminya, keluarganya dan Bisnisnya. Untuk anda yang ibu Rumah tangga, yuk simak Tips Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga.

1. Tentukan Apa yang mau anda jual

Pikirkan apa yang mau anda tawarkan ke orang lain lewat Bisnis Online, coba melalui tiga cara ini :

  • Ikuti Passion anda, Pilih usaha anda dari apa yang anda sukai, yang membuat anda melakukan hal tersebut sampai lupa waktu
  • Pilih usaha dari apa yang dibutuhkan oleh Masyarakat, anda memberi solusi apa yang mereka butuhkan
  • Tukar manfaat yang bisa anda berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan

Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini, mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan kebutuhan orang-orang, jadi anda yang membuat mereka butuh Produk yang anda jual. Sehingga banyak orang yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Lakukanlah riset Produk terlebih dahulu, dan cari produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat, artinya ada pasarnya.

Mengenai jenis Produk ada tiga jenis yang bisa anda jual seperti :

  • Produk fisik, contohnya obat herbal, Jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, Aksesoris, rumah, bangunan dan lainnya.
  • Produk Digital, contohnya berupa ebook, Produk-produk informasi, software.
  • Jasa, Contohnya jasa ketik artikel, jasa online marketing, rental mobil, agen umroh dan haji, agen tour dan travel, dan lainnya.

2. Membuat lapak Online

Simple saja, untuk tahap awal anda bisa memulai dari situs social media, marketplace, dan aplikasi social chat. Contohnya facebook, Twitter, Instagram, youtube, Pinterest, BBM, LINE, Whatsapp, Telegram, Bukalapak, Tokopedia, OLX dan masih banyak lainnya.

Selain mudah menggunakannya, ini juga bersifat gratis yang dapat langsung kita manfaatkan untuk promosi dan jualan tanpa harus membuat sistem websitenya, tampilannya dan lainnya.

Setelah anda sudah sedikit mahir buatlah lapak online di sebuah Website, anda bisa memulai dengan yang gratisan, dari Blogspot atau wordpress misalnya. Ketika ilmu anda sudah berkembang dan Website anda banyak pengunjung anda bisa menggunakan yang berbayar

3. Promosikan Produk anda

Postingkan Informasi produk / jasa yang anda miliki di Social media, marketplace atau di Website anda dengan konten yang meyakinkan. Ingat! jangan Copy paste. Gunakan kata-kata yang pantas untuk anda tampilkan di website.

Kalau anda punya website, anda promosikan Produk anda di website anda lalu anda bisa sinergikan ke social media anda, selain membuat terindeks web anda, juga dapat meningkatkan Traffic dari website anda. Sehingga menambah kemungkinan transaksi terjadi.

Postingkan Gambar Produk anda dengan kualitas yang bagus, lalu informasi harus selengkap-lengkapnya. Dan jangan melakukan Spamming, jadilah Pengguna Internet yang Cerdas dan Bijaksana.

Nah.. begitulah Tips-tips buat anda sebagai Ibu rumah tangga dalam memulai bisnis Online. Jangan terlalu dipaksakan, ingat.. Profesi anda sebagai ibu Rumah tangga lebih mulia, jadi selalu utamakan kewajiban anda sebagai seorang ibu dan seorang isteri. Good Luck!

(Visited 375 times, 1 visits today)