Tips Ibu – “Berhemat” satu kata yang selalu ingin dilakukan namun sulit dilakukan. Apalagi untuk anda bunda, anda harus bisa menyeimbangkan keuangan keluarga, bunda harus berhemat. Namun bunda pun harus tetap bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut tanpa kurang. Sehingga mau tidak mau bunda pun harus pintar-pintar mengakali supaya bisa tetap berhemat. Duh berat ya tugas ibu hehe.

Sebagai kaum milenial, tentunya saat ini bunda pun harus bisa memanfaatkan berbagai teknologi yang anda untuk bisa berhemat. Meski tidak menggunakan teknologi, bunda juga bisa menggunakan cara terbaik yang bisa dilakukan. Sebagai ibu digital harus serba bisa, jangan sampai bunda malah kewalahan. Apalagi untuk urusan berhemat, bunda harus membantu ayah supaya keuangan rumah tetap berjalan dengan baik.

Apakah bunda mau tahu tips untuk berhemat ala ibu digital yang dijamin berhasil? Tenang saja berikut ini ada 5 tips yang siap bunda gunakan. Penasaran? Berikut 5 tips berhemat ala ibu digital:

Tips hemat, atur belanja anda

1. Membuat daftar kebutuhan
Hal terpenting dan wajib hukumnya dibuat di awal bulan adalah daftar kebutuhan. Jadi bunda sebaiknya membuat daftar ini di awal bulan. Dengan adanya daftar kebutuhan bunda bisa mempertimbangkan apa saja yang di perlukan. Dengan daftar tersebut bunda harus telah mendapatkannya. Namun bunda juga harus menyediakan daftar kebutuhan tak terduga. Misalnya untuk kondangan atau berobat. Atau bunda sudah menyiapkan budget untuk mengurus daftar kebutuhan tersebut. Nah sisanya bunda baru bisa gunakan untuk hal lain yang mungkin di perlukan.

2. Memisahkan uang atas jenis kebutuhan
Dari daftar kebutuhan yang telah bunda buat tadi. Maka bisa langsung di pisahkan uang yang akan digunakan berdasarkan kriterianya. Misalnya uang untuk membayar tagihan, uang untuk belanja, ataupun uang untuk pendidikan anak. Dengan memisahkan uang yang ada bunda akan menjadi lebih mudah dalam mengaturnya. Selain itu bunda juga tidak perlu khawatir jika menggunakan uang jatah yang lain.

3. Memanfaatkan flash sale
Namanya saja era ibu digital. Pasti bunda menggunakan smartphone dan sering memakai aplikasi belanja seperti Buka Lapak, Shope, Lazada, dan berbagai aplikasi belanja lainnya. Nah bunda harus pintar-pintar memanfaatkan berbagai flash sale yang ada. Dengan catatan bunda hanya mengejar flash sale atas barang yang dibutuhkan. Atau bunda mencari barang yang memiliki diskon cukup baik. Dengan begitu bunda bisa berhemat dengan mudah dan belanja bisa lebih menyenangkan tanpa capek.

4. Menggunakan dompet elektronik
Menyisihkan sebagian uang dan memasukannya ke dompet elektronik adalah pilihan yang tepat. Mengapa demikian, bunda tidak bisa menggunakannya sembarangan. Harus di marchant yang menyediakan layanannya. Dengan begitu bunda bisa menjadikan dompet elektronik ini salah satu cara berhemat. Misalnya bunda harus mengantarkan anak setiap hari ke sekolah. Bunda bisa menghemat biaya dengan menggunakan dompet elektronik. Karena dengan dompet elektronik seperti Go-Jek dan Grab keduanya akan memberikan harga khusu. Jadi bunda bisa berhemat lebih banyak untuk transportasi.

5. Menghindarkan anak pada spot mainan ketika belanja
Cara berhemat selanjutnya yang bisa bunda lakukan saat belanja hindari spot jualan mainan anak-anak jika bunda sedang pergi dengan buah hati. Cara ini cukup ampuh mengurangi pengeluaran tak terduga yang bunda miliki. Memang memberikan apa keinginan anak adalah hal baik. Namun bukan berarti harus menuruti semuanya.

Nah itulah beberapa tips terbaik berhemat ala ibu digital yang bisa bunda gunakan.

 

foto pexels

(Visited 15 times, 1 visits today)