Bagi wanita karir yang sudah memiliki penghasilan setiap bulannya tidak masalah jika masih ingin melakukan kegiatan atau bisnis sampingan disamping pekerjaan utama. Namun masalahnya tidak mudah menjalankan usaha sampingan sambil bekerja sebagai karyawan. Ada banyak hal yang harus anda pikirkan dan tentunya fokus anda akan terbagi, baik untuk keluarga, untuk pekerjaan anda dan untuk bisnis anda. Hal tersebut tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih. Bagi anda yang mencari cara paling tepat untuk menjalankan usaha atau bisnis sampingan sambil bekerja di kantorm berikut ini Tips Bagaimana Berbisnis Untuk Ibu yang Bekerja :

  1. Pilih Usaha yang anda minati
    Pikiran dan tenaga anda sudah terkuras dengan pekerjaan anda sebagai karyawan, jadi anda hanya memiliki sisa-sisa tenaga saja untuk menggarap bisnis sampingan anda. Agar anda semangat dalam menjalankan bisnis anda, anda bisa memilih jenis usaha yang memang sesuai dengan minat atau passion anda.
  2. Cari usaha yang mudah dan simpel
    Setelah lelah bekerja dan anda harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan menuju tempat bisnis anda, rasanya pasti malah menyiksa. Maka upayakan bisnis sampingan anda bisa dengan mudah anda jalankan di rumah. Lebih bagus lagi jika proses pengerjaan nya relatif mudah dan sederhana. Jangan sampai anda jenuh di tengah jalan akibat bisnis sampingan anda ini rumit untuk anda jalankan di sela waktu luang anda.
  3. Buatlah skala prioritas
    Bekerja dan menjalankan bisnis sampingan membutuhkan kemampuan lebih dalam memanfaatkan waktu yang terbatas dengan sebaik baiknya. Tentu tidak mudah karena biasanya usai bekerja anda ingin cepat istirahat atau santai bersama keluarga. Namun anda memang harus disiplin. Buat “list to do” dan skala prioritas supaya anda bisa mengatur apa saja yang bisa anda kerjakan pada satu hari. List ini juga akan membantu anda memisahkan tanggung jawab dan fokus anda, karena dengan semua serba tercatat, anda bisa melihat apa yang harus anda perhatikan di kantor dan apa yang anda fokuskan di dalam bisnis anda.
  4. Pisahkan dua kesibukan anda
    Komunikasikan pada klien dan konsumen tentang keterbatasan waktu anda. Pisahkan waktu dimana konsumen bisa menghubungi anda untuk tanya-tanya maupun order dan ada waktu dimana anda harus fokus bekerja. Jadikan kelemahan anda ini sebagai kelebihan anda, ketika pelayanan lain akan libur di luar jam kerja dan saat weekend, anda justru memberikan waktu penuh anda di jam-jam khusus ini.
  5. Pisahkan keuangan anda
    Anda juga perlu memperhatikan soal pemisahan pengelolaan keuangan. Dari satu sisi memang keberadaan gaji yang rutin membuat anda tidak terlalu dalam tekanan. Tapi jangan campur adukkan penghasilan dari pekerjaan anda dengan bisnis anda. Jika anda mencampur keuangan anda, maka kedepan nya anda akan dibuat pusing dengan pengelolaan keuangan profesional dan pengembangan bisnis anda.
  6. Kelola stress anda
    Jangan biarkan diri anda tenggelam dalam kesibukan anda, karena pada dasarnya tubuh kita juga perlu istirahat. Berikan waktu untuk diri anda bersantai, bersenang-senang dan menikmati “me time” yang akan memberikan anda sedikit obat stress yang menenangkan
  7. Siapkan assisten
    Cara terbaik dalam membangun bisnis sampingan untuk karyawan adalah menemukan seorang asisten yang bisa memberikan pelayanan kepada konsumen anda selama anda tidak ada. Berikan asisten anda beberapa wewenang yang cukup aman supaya tidak mengganggu anda di tempat kerja untuk menanyakan hal sepele.
  8. Bangun networking
    Anda memiliki keterbatasan waktu dan tenaga, jadi kadang anda perlu mencari jalur yang efektif untuk mendapatkan sumber daya dan dukungan. Salah satu cara paling tepat adalag membangun jaringan, mengikuti beberapa komunitas dan biarkan jaringan anda yang mengantarkan anda menemukan konsumen anda, supplier anda hingga distributor anda.

Nah itu dia Tips Bagaimana Berbisnis untuk Ibu yang bekerja. Meski memang memerlukan banyak upaya dan pengorbanan, namun dengan sungguh-sungguh, maka bukan tidak mungkin anda bisa menjadi seorang pengusaha full time yang sukses. Dan jangan lupa meski anda wanita karier yang punya sejuta kesibukan, keluarga anda adalah hal yang paling utama, jangan sampai karena kesibukan tersebut anda melupakan tanggung jawab anda sebagai Ibu. Semoga bermanfaat..

 

(Visited 166 times, 1 visits today)