Tips atasi gejala PMDD saat menstruasi

Menjadi ibu sekaligus perempuan juga menuntut kita untuk menjaga kesehatan apalagi jika kita punya kecenderungan hamil dengan jarak yang dekat. Menggunakan pil KB hormonal bisa jadi adalah salah satu solusi yang bisa kita gunakan. Apa plus minusnya menggunakan pil KB, apakah ada dampaknya, apakah akan mengganggu ritme menstruasi? Lalu apa itu PMS, PMDD ? Yuk, simak artikelnya karena akan kita bahas detail.

Pil KB

Menggunakan Pil KB bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatur jarak kehamilan. Pil KB adalah pil yang dikonsumsi dimana mengandung hormon estrogen dan progestin dimana bertugas untuk mencegah terjadinya kehamilan. Pil KB harus dikonsumsi setiap hari agar hasil yang didadapt efektif.

Pil KB dapat dibedakan menjadi:

1. Pil KB kombinasi (Pil KB monofasik, pil KB trifasik dan pil KB tetrafasik)

2. Pil KB khusus progestin atau orang awam menyebutnya pil KB mini.

Ritme Menstruasi

Salah satu dampak yang timbul ketika Anda menggunakan pil KB adalah ritme menstruasi yang akan berubah. Belum lagi jika Anda mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrom) yang akan mempengaruhi mood, munculnya kram perut ringan dst. Dan ada tahapan lebih lanjut dari PMS adalah PMDD dimana tingkatan sakitnya lebih atas.

Apa itu PMDD

PMDD (Pre Menstrual Dysphoric Disorder) Biasanya berkisar 1-2 minggu sebelum terjadi menstruasi. Dan akan hilang setelah menstruasi akan datang. Tentunya, kondisi ini sedikit menghambat aktifitas kita sehari-hari. Gejala yang dialami adalah mudah cemas dan lebih kearah panic attack, emosi yang berubah drastis sehingga mudah marah, malas untuk melakukan aktifitas, sulit untuk tidur, cepat lelah, berat badan bertambah, rasa sakit sekitar payudara.

Bisa ditarik kesimpulan jika PMDD bisa dibantu dengan menggunakan kontrasepsi pil KB hormonal. Karena pil KB hormonal khususnya 24/4 (24 hari diminum, 4 hari istirahat) sudah memiliki kandungan khusus untuk mengatasi PMDD yaitu dimana mengandung 3miligram drospirenon (zat pengganti progesteron alami untuk tubuh), dan 20 mikrogram etinil estrodiol (estrogen).

Pola 24/4 sangat meminimalisir terjadinya keluhan baik saat PMS maupun jika Anda biasanya mengalami PMDD.

Adapun cara penggunaannya adalah meminumnya pada waktu yang sama setiap hari. Dan untuk 7 hari pertama, jika Anda ingin berhubungan suami istri maka alangkah baiknya menggunakan kondom terlebih dahulu.

Menggunakan pil KB yang tepat tidak hanya sekedar mencegah atau mengatur jarak kehamilan melainkan juga untuk meminimalisir dari keluhan PMS bahkan PMDD.

Jika badan Anda sehat, maka aktifitas dan menemani tumbuh kembang sikecil akan lebih maksimal. Selalu pilih KB kombinasi yang tepat untuk kebutuhan tubuh Anda. Konsultasikan pada tenaga kesehatan jika ada keluhan atau pertanyaan lebih detail.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *