Sejarah Marketplace Tokopedia

sejarah-marketplace-tokopedia

Bermunculannya para pebisnis Online di Indonesia membuat beberapa pengusaha memiliki pemikiran membuatkan sebuah fasilitas untuk pebisnis Online di Indonesia. Salah satunya membuat sebuah Marketplace yang dapat menampung mereka yang sebagai pebisnis Online. Beberapa Marketplace sudah hadir di Indonesia, yaitu seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora dan masih banyak lagi lainnya. Di Artikel kali ini IbuDigital akan membahas mengenai salah satu Marketplace yang sedang Booming-boomingnya dan Terkenal di Indonesia, yaitu Sejarah tentang Marketplace Tokopedia.

Siapa yang tidak kenal Tokopedia? Iklannya sudah beredar dimana-mana, di Televisi, Billboard, Social media dan media lainnya. Tokopedia adalah salah satu Marketplace atau bisa juga disebut mall Online yang ada di Indonesia. Tokopedia mulai di luncurkan dalam versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan nama Tokopedia.com.

Di awal berdirinya, Tokopedia didirikan oleh dua orang yang luar biasa yaitu Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison dengan didanai oleh Investor tunggal yaitu VF. Mereka Berjuang keras untuk membangun impiannya Melalui sebuah ruko yang berada di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7 Jakarta Selatan, yang menjadi kantor dari PT Tokopeda tersebut. Dan PT Tokopedia sendiri Resmi di dirikan sejak 6 Februari 2009.

Perjalanan Tokopedia membangun Marketplace di Indonesia Berkembang signifikan. Di awal berdirinya Tokopedia berhasil menggandeng 509 Merchants dan 4560 members. Hingga sampai satu tahun berjalan Tokopedia berhasil menggaet 4649 merchants dengan 44785 members. Dalam jangka waktu setahun pula, yang dari awal berdiri hanya memiliki transaksi sebesar Rp 33 juta, hingga mencapai Hampir Rp 6 Milyar.

Melihat antusiasnya Masyarakat Indonesia khususnya pebisnis Online, Tokopedia melepas versi betanya, dan siap melayani merchant dan customer yang bertransaksi pada sistem mereka. Tokopedia juga menggandeng beberapa bank ternama demi meningkatkan pelayanannya dan juga memberikan keamanan dalam transaksi yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan mandiri Clickpay, mandiri E-Cash, BCA KlikPay, dan rekening tokopedia lainnya.

Sampai saat ini Tokopedia terus mengembangkan inovasinya dengan beberapa konten menarik, Promo menarik dan juga Menawarkan Jutaan Produk dalam beberapa Kategori yang bisa dengan mudah para pelanggan cari, yaitu seperti Pakaian, Kecantikan, Kesehatan, Rumah tangga, Makanan & Minuman, Otomotif, Aksesoris-aksesoris, Laptop, Handphone & Tablet, Buku, Kamera, Elektronik dan lainnya.

(Visited 1,581 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *