sejarah-marketplace-bukalapak

Saat ini Bermunculan berbagai marketplace di Indonesia yang memudahkan para Pebisnis Online menjualkan Produknya. Beberapa Pebisnis atau pengusaha Online ini menyebutkan dengan marketplace kita bisa menjual Produk lebih cepat dengan promo-promo dan Kelebihan yang ditawarkan di setiap Marketplace. Banyak juga para Customers lebih percaya belanja atau membeli produk lewat Marketplace. Beberapa Marketplace yang sering kita dengar adalah Bukalapak, Tokopedia, Zalora, Lazada, OLX dan banyak lagi lainnya. Di artikel kali ini kami akan membahas mengenai salah satu Marketplace yang Terkemuka di Indonesia yaitu Sejarah MarketPlace Bukalapak.

Bukalapak adalah salah satu Mall Online terkemuka di Indonesia dengan Konsep Marketplace. Bukalapak sendiri didirikan oleh seorang pemuda luar biasa yaitu Achmad Zaky pada tahun 2010. Pada tahun 2010 ini Bukalapak bernama Suitmedia dan Achmad Zaky berada di bagian agensi digital. Lalu Pada September 2011, Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono merubah status Bukalapak menjadi sebuah Perseroan Terbatas (PT). Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Executive Officer).

Perjalanan Bukalapak membangun sebuah MarketPlace penuh perjuangan. Hingga sampai akhirnya di satu tahun perjalanan Bukalapak mendapatkan suntikan dana dari Batavia Incubator, Perusahaan asal Negara Jepang. Lalu di tahun berikutnya tepatnya tahun 2012 Bukalapak mendapatkan suntikan dana Investasi tambahan dari GREE Ventures.

Suntikan dana ini membuat Bukalapak terus berbenah dan semakin berkembang. Sampai di Tahun 2014 pun Bukalapak Mendapatkan lagi dana Investasi tambahan dari IREP, Aucfan, 500 Startups, dan Gree Ventures. Tidak lama setelah itu Bukalapak pun membuat Aplikasi Seluler untuk memudahkan penggunanya. Antusiasnya Masyarakat Indonesia dengan marketplace Bukalapak membuat Aplikasi tersebut telah di download oleh lebih dari 87 Ribu Pengguna Bukalapak sejak diluncurkannya pada 3 juli 2014.

Dari Awal berdirinya, Bukalapak telah memiliki Reputasi yang baik dalam berbagai hal, seperti Customer Service dan kemudahan akses website Bukalapak. Seiring berjalannya waktu Bukalapak pun terus berkembang dengan berbagai inovasi Terbaru, salah satunya mempermudah dan menjaga keamanan para pengguna Bukalapak untuk setiap transaksinya. Salah satunya adalah Bukalapak menciptakan fitur Quick Buy, yang dimana Pembeli dapat membeli barang tanpa perlu melakukan Registrasi Akun terlebih dahulu. Untuk para Buyer hanya perlu memasukkan email aktif dan detail alamat pengiriman dan data lainnya.

Sampai saat ini Bukalapak terus memfasilitasi para UKM salah satunya dengan cara mengedukasi mereka mengenai Jual beli Online. Begitu juga untuk yang sudah mempunyai toko Offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya Bukalapak.com dapat membantu meningkatkan penjualan toko Offline tersebut.

(Visited 2,260 times, 1 visits today)