Berangkat haji menjadi impian bagi setiap muslim. Dimana haji merupakan ibadah yang begitu spesial karena langsung mendatangi Tanah Haram, Makkah dan Madinah. Serangkaian ibadahnya pun semakin meningkatkan rasa takwa, haru campur bahagia dan selalu ingin mendatanginya kembali ke sana. Bersimpuh dan memohon kepada Allah atas segala kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Mengingat bahwa ibadah haji adalah ibadah yang program pelaksanaannya telah diatur oleh kementerian agama di Indonesia, maka untuk menunaikkan haji reguler perlu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Namun, dalam program reguler ini jamaah haji harus menunggu hingga jangka waktu tertentu sampai tiba gilirannya berangkat. Hal ini merupakan satu problem tersendiri jika jamaah yang berangkat merupakan orang – orang yang sudah udzur usianya bahkan sampai ada yang tidak jadi berangkat karena masalah kesehatan ataupun meninggal dunia karena rentang waktu tunggu yang begitu lama.

haji furoda
Maka dari itu, ada program haji plus yang diadakan pemerintah Indonesia. Dalam program ini jamaah haji tidak perlu menunggu terlalu lama, tentunya diperlukan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan haji reguler. Selain program tersebut, ada juga program haji Furoda. Program ini langsung diadakan oleh pemerintah Arab Saudi. Biayanya tidak berbeda jauh dengan haji plus pada umumnya. Jika jamaah haji ini ingin mengikuti program haji Furoda, para jamaah perlu mendaftar pada travel agent khusus haji dan umroh yang terpercaya, seperti pada www.royalindonesia.id. Mengapa dianjurkan mendaftar pada travel agent ini? Yang jelas, Royal Indonesia sudah berkali – kali memberangkatkan jamaah haji dengan program Haji Furoda. Jadi para calon jamaah tidak perlu mengkhawatirkan travel agent ini.

Selanjutnya, untuk mempersiapkan keberangkatan Haji Furoda, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan haji reguler ataupun haji plus. Persiapan keberangkatan ini selain mendaftar pada travel agent yang kredibel juga perlu menyiapkan beberapa macam hal seperti di bawah ini.

a. Latihan fisik sebelum keberangkatan.
Latihan fisik akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh sebelum berangkat ibadah haji. Latihan ini bisa berupa jalan kaki setiap hari, sepekan 3x ataupun minimal sepekan sekali. Dengan terbiasa jalan, stamina tubuh bisa lebih terjaga terutama untuk persiapan melakukan sa’i ketika berhaji. Walaupun di tanah suci sudah disediakan lift khusus untuk ibadah ini, namun tak ada salahnya menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum waktu keberangkatan haji.

b. Makan dan minum yang bergizi.
Menjaga kondisi kesehatan tubuh tidak hanya memerlukan latihan fisik semata, namun membutuhkan asupan gizi yang baik. Sehingga bagi calon jamaah sangat perlu memperhatikan pola makan dan minumnya. Seperti makan – makanan 4 sehat, minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, dan menambah suplemen makanan jika diperlukan.

c. Persiapan ruhiyah
Persiapan yang tidak kalah penting, yaitu ruhiyah. Kondisi fisik yang sudah tertata dengan baik, perlu diimbangi dengan ruhiyah yang baik pula. Untuk menjaga hal ini, calon jamaah perlu memperhatikan sisi ibadah hariannya, seperti shalat, dzikir, dan membaca Al Qur’an. Dengan demikian, aspek ruhiyah bisa terjaga.

d. Belanja perlengkapan Haji
Satu hal yang penting lainnya adalah persiapan kebutuhan sebelum keberangkatan ibadah haji. Ada beberapa macam barang yang perlu disiapkan seperti pakaian ihram, baju ganti, bahan makanan yang tahan lama, obat – obatan pribadi, dan lain sebagainya. Walaupun sebenarnya ada beberapa barang yang bisa dibeli di tanah suci, namun tak ada salahnya perlu membawa yang bisa dibawa dari tanah air.

e. Menyiapkan bekal bagi keluarga yang ditinggalkan di tanah air.
Hal ini juga perlu disiapkan, barangkali masih ada anak yang perlu dititipkan kepada sanak saudara, kebutuhan hariannya, serta kesiapan mental keluarga yang ditinggalkan pun perlu diperhatikan.

Nah, untuk Anda yang ingin menunaikan Haji Furoda dapat menghubungi Royal Indonesia Travel di www.RoyalIndonesia.Id atau WA 0822-188-188-01. Ya, Haji Furoda adalah program perjalanan haji furoda tanpa antri, langsung berangkat 2020.

(Visited 9 times, 1 visits today)