Kesuksesan Facebook dalam persaingan dunia sosial media saat ini memang sudah tidak diragukan lagi. Sebagai salah satu market leader yang masih bertahan, Facebook ternyata juga ditangani oleh eksekutif wanita dalam jajaran petinggi nya. Facebook identik dengan pendirinya, Mark Zuckenberg. Namun kejayaan nya saat ini tak bisa dilepaskan dari Peran Sheryl Sandberg di Perusahaan Facebook, salah satu wanita paling powerful di dunia IT dan memegang jabatan Chief Operating Officer Facebook.

Sejak gabung di Facebook tahun 2008, Sheryl jadi sosok penting di situs jejaring terpopuler di dunia itu. Selain sebagai COO, dia juga menjadi wanita pertama yang masuk jajaran board of Director Facebook.

Pada tahun 2011, Sheryl dinobatkan majalah Forbes sebagai wanita paling berkuasa nomor lima di dunia. Tahun 2012, dia masuk daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Meski begitu sibuk dengan urusan bisnis Facebook, Sheryl masih punya waktu membesarkan dua anaknya. Dia pun jadi role model wanita yang karirnya hebat namun tetap mengurus keluarga. Sheryl juga dikenal sebagai pembela hak – hak wanita.

” Dunia dimana pria mengurusi separuh rumah tangga dan wanita mengurusi separuh institusi akan menjadi dunia yang lebih baik,” kata sheryl suatu ketika..

Deborah Gruenfeld, profesor di Standford University menilai Sheryl adalah simbol untuk gelombang baru feminisme. Dimana wanita bisa memiliki kekuasaan hanya dengan menjadi seorang wanita saja. Seorang wanita bisa feminim namun tetap berkuasa penuh.

“Dia sangat membumi. Dia punya status tinggi dan di waktu yang sama, dia sangat hebat, mudah didekati dan manusiawi,” kata Deborah mengungkapkan kesan nya ketika bertemu dengan Sheryl.

Dalam berbagai aktivitas, nama Sheryl Sandberg kini semakin dikenal, bahkan mungkin mulai menyaingi popularitas Zuckerberg. Facebook menbajak Sheryl dari google, dimana dia menjabat Vice President of Online Sales. Dan terbukti, peran Sheryl dinilai signifikan dalam bisnis Facebook.

“Sheryl Sandberg adalah otak bisnis di balik Facebook,” demikian pendapat Sam Hamadah, Chief Executive Officer of PrivCo, Perusahaan penasehat investasi.

Saat ini, Sandberg masih kokoh sebagai COO Facebook dengan semua visi dan misi besarnya untuk mengembangkan Facebook. Wanita hebat yang mampu mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin, itulah yang terlihat dalam sosok Sheryl Sandberg.

(Visited 234 times, 1 visits today)