Peran Ibu –  Bagi keluarga modern, dukungan gadget dan internet tidak dapat dipisahkan begitu saja. Gadget dan internet telah banyak memberikan kemudahan dalam keseharian keluarga di era digital. Mulai dari kemudahan proses jual beli, transaksi pembayaran bulanan dan keperluan rumah tangga sampai pada kemudahan mendapatkan segala macam informasi terkini.

Semua ada dalam sentuhan jari, dalam genggaman. Ini yang didapatkan oleh kita, orang dewasa, maka kemudahan ini pun muncul dan bisa dimanfaatkan oleh anak-anak kita. Dtambah lagi dengan diberikannya fasilitas gadget dan internet oleh orang tuanya. Maka tak ayal lagi, adalah betul bahwa dunia dalam genggaman. Saat semua kemudahan dan manfaat itu bisa dinikmati oleh anak-anak, maka sudah barang tentu orang tua menjadi pintu pertama untuk mengenalkan penggunaan gadget dan internet sehat pada anak. Dalam hal ini, ibu-lah menjadi guru pertama anak di rumah. Kemampuan seorang ibu untuk mendidik anaknya di era saat ini sangat memberikan dukungan luar biasa pada kemajuan bangsa. Mengapa demikian? Ibu pada umumnya, memiliki waktu lebih banyak berinteraksi dengan anak dalam satu hari. Maka kemampuan ibu dalam membimbing hari ke hari diharapan menjadi bagian untuk mencerdaskan bangsa, dimulai dari rumah.

mengenal peran ibu di era digital

peran seorang ibu di era digital

Anak-anak sekarang hidup di era yang banyak memberikan ruang kemudahan. Saat anak mengisi waktu dengan berlama-lama di depan layar komputer atau gadget, perlu rasanya untuk kemudian mengajak anak berdiskusi dan memberikannya pilihan aktifitas bergerak dan bersosialisasi lainnya. Melarangnya untuk tidak menggunakan gadget bukan menjadi pilihan tepat, karena pada dasarnya mereka telah jah lebih engerti gadget dibandingkan kita. Maka membuka ruang diskusi dan beraktifitas bersama menjadi salah satu pilihan tepat saat anak sedang asyik bersama gadgetnya. Bila kita melihat anak sedang serius dan asyik dengan game dan gadgetnya, maka terlibat, bermain dan ngobrol santai dengan anak terkait game yang sedang dimainkan bisa menjadi ruang pembuka kedekatan dengan anak. Percayalah, mereka jauh lebih mengerti informasi kekinian dari apda kita. Maka dengan mau membuka diri dan menerima bahwa mereka hidup di lingkaran digital, menjadi langkah pertama yang baik yang patut dicoba.

Menjadi bagian dari kehidupan mereka saat ini menjadi amat penting, karena mereka merasa diterima dan dihargai keberadaannya. Keberadaan saat mereka membutuhkan gadget, kebutuhan akan kemudahan dan manfaat gadget itu sendiri. Kalau anak sudah sudah merasa diterima oleh orang tua akan kebutuhannya, maka obrolan ringan seputar kebutuhannya akan gadget dan internet pun akan terbuka dengan sendirinya. Kita akan mengetahui apa yang sering ia lihat dan cari saat berselancar hingga kita akan tahu teman-teman dunia mayanya. Jangan berhenti dengan obrolan saja, terlibatlah. Belajarlah menggunakan apa yang anak gunakan. Lihat dan rasakan, lalu kta akan tahu langkah berikutnya untuk mengenalkan anak pada internet sehat.

Kalau diskusi kecil sudah mulai terbangun, bukan tidak mungkin anak akan memahami mana penggunaan internet sehat dan yang tidak. Mana yang butuh untuk dicari mana yang tidak. Memasukkan nilai-nilai keluarga saat berdiskusi dengan anak pun semakin mudah. Selama tidak menghakimi lalu melarang penggunaan gadget di rumah, alangkah lebih baiknya kalau kita pun mau membuka pikiran dan membuka diri bahwa mereka hidup di zaman yang berbda jauh saat kita seusia mereka sekarang.

Bayangkan bila semua ibu di seluruh dunia melakukan gerakan yang sama dengan kita. Mau mendengar dan terlibat diskusi dengan anak. Maka bukan tidak mungkin, tingkat kejahatan dunia maya akan sangat jauh berkurang. Bergabunglah dengan Komunitas Ibu Digital dari seluruh Indonesia, Mau daftar KOMUNITAS IBU DIGITAL KLIK DISINI 

(Visited 17 times, 1 visits today)