Mengatasi Ketergantungan Gadget Pada Anak-anak

Pada era digital seperti sekarang ini, gadget merupakan kebutuhan pokok bagi semua kalangan, baik tua maupun muda, pebisnis ataupun mahasiswa, bahkan anak-anak. Pada zaman dahulu ketika belum ada gadget, anak-anak bermain bersama teman diluar rumah tidak seperti sekarang banyak anak-anak yang hanya bermain dirumah bersama gadgetnya bahkan tidak sedikit yang kecanduan.

Ada beberapa orangtua yang mengangap itu hal yang sudah biasa terjadi, bahkan banyak yang berfikir ngajarin anak main gadget bagus untuk perkembangan anak, hal tersebut tidak salah, main gadget bagi anak juga bukan berarti buruk selama dilakukan dengan cara yang tepat dan dipandu oleh orangtuanya, tapi kalo udah sampai kecanduan efeknya sangat buruk bagi perkembangan anak. Namun, ada beberapa orangtua juga yang khawatir, mereka sudah paham dampak buruk kecanduan gadget bagi anak, tapi permasalahan nya adalah belum semua orangtua tahu Bagaimana mengatasi ketergantungan gadget pada anak – anak. Nah, untuk itu Jika anda memiliki putra atau putri yang masih anak-anak dan kecanduan terhadap gadget Yuk simak tips berikut ini tentang Bagaimana mengatasi ketergantungan gadget pada anak.

  1. Beri Batasan Waktu
    Orang tua harus tegas dan jangan membiarkan anak anda terlalu asik bermain gadget, jika selalu dibiarkan maka mereka semakin kecanduan apalagi jika gadget mendukung dengan game game yang menarik dan fitur-fitur yang mumpuni, akan lebih susah membuat anak lepas dari gadget tersebut.
    Menurut rekomendasi dari Amerika Serikat, batas maksimal anak bermain gadget adalah 1 – 2 jam.
  2. Berikan mainan alternatif
    Bermain tidak melulu harus dari game yang ada di gadget, anda bisa memberikan mainan-mainan yang bisa melatih kreativitas maupun kecerdasan mereka, seperti puzzle atau mainan apa pun yang bersifat edukatif dan mereka sukai. Karena bermain memiliki banyak manfaat bagi anak, salah satunya untuk perkembangan kognitif, perkembangan kreatifitas dan perkembangan fisik
  3. Luangkan waktu untuk anak,
    Jjika ingin anak terbebas dari kecanduan terhadap gadget, ada baiknya  anda meluangkan waktu yang anda miliki untuk bermain bersama anak, atau belajar bersama mereka, karena salah satu alasan mengapa mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang berinteraksi dari orang tuanya.
  4. Jangan bermain gadget di depan anak
    Orangtua merupakan sekolah pertama bagi anak, apa yang ia lihat apa yang ia dengar dan apa yang ia rasakan itulah yang akan dia pelajari, kemudian ia tiru. Jadi waspadalah bagi para orangtua, jika anda tidak ingin anak anda kecanduan gadget, maka anda bisa melakukan hal kecil yaitu dengan merubah kebiasaan anda sendiri terlebih dahulu, saat sedang bersama anak, maka abaikan dulu gadget anda.
  5. Biarkan Anak bermain diluar
    Dewasa ini banyak orang tua yang melarang buah hatinya bermain diluar rumah dikareanakan isu yang berkembang, seperti maraknya penculikan anak dan sebagainya, ada kalanya anda harus membiarkan anak untuk mengenal lingkungan, bermain bersama teman, anak juga harus merasakan bagaimana ketika kebasahan karena hujan dan baju yang kotor, ada baiknya hal ini dilakukan anda sedikit memberi kebebasan untuk mereka bermain diluar dan merasa tidak kesepian.
    Bermain bersama teman akan melatih anak untuk belajar membina hubungan dengan sesamanya, anak belajar mengalah, memberi,menerima, tolong menolong dan berlatih sikap sosial lain nya.

Semoga bermanfaat.

Mau belajar bisnis online tetapi tidak bisa keluar rumah ? Mau meningkatkan penghasilan bisnis online anda namun sibuk mengurus anak? Yuk join kelas online with IsahKambali lejitkan bisnis anda dengan cara cantik ala IbuDigital Masa Kini. Hubungi Hotline kami di nomor : 083837060702.
Kami siap membantu anda.

(Visited 162 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *