Cinta Rupiah –  Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat mengidamkan hal-hal yang praktis dan efesien. Hal ini terbukti dari tingginya masyarakat terhadap situs-situs online belanja dan pemesanan tiket. Dan suka tidak suka kita memang harus melek terhadap perkembangan dan kemajuan zaman di era digital ini. Bila kita mengacuhkan begitu saja dan tak mau menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman maka siap-siaplah kita menjadi manusia yang tertinggal.

Era digital juga sangat diperhatikan oleh pemerintah kita. Salah satu kebijakan pemerintah yang mengikuti perkembangan era digital adalah dengan mengadakan cinta rupiah berupa anjuran transaksi non tunai. Dengan menggandeng BI (Bank Indonesia) dan bank-bank lainnya pemerintah memberikan pilihan pada masyarakat untuk melakukan transaksi non tunai dengan kartu debit. Anjuran dari pemerintah ini sebenarnya sangat bermanfaat, apalagi untuk mendukung program cinta rupiah. Berikut beberapa manfaat dari transaksi non tunai:

1. Membayar sesuai dengan penggunaan. Pernahkan anda mendengar kasir berbicara “kembaliannya Rp. 300 apakah akan didonasikan”, mendonasikan sebuah kembalian bukanlah hal yang buruk asal anda yakin bahwa donasi anda ditunjukan bagi orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Atau dalam kasus lain anda mendapatkan kembalian berupa permen? Jika iya, kartu debit dapat menjadi solusinya. Karena dengan menggunakan kartu debit anda hanya akan membayar sesuai dengan penggunaan atau pembeliaan anda saja dan sudah pasti tidak perlu memusingkan kembalian.

2. Praktis. Berbicara tentang praktis, transaksi non tunai sudah jelas menawarkan berbagai macam jenis kepraktisan. Misalnya saja dengan menggunakan kartu debit anda tidak perlu menunggu kembalian ketika membayar belanjaan anda. Tidak makan tempat, ya dengan menggunakan kartu debit anda dapat menyimpan uang dalam jumlah yang besar didalam sebuah kartu, hal ini tentu akan memudahkan anda ketika menempatkannya didalam dompet dibandingkan dengan membawa uang cash.

3. Aman. Keunggulan lainnya dari transaksi non tunai adalah aman. Ya, ketika anda menggunakan kartu debit anda akan terhindar dari kehilangan uang tunai akibat pencurian maupun hilang. Karena ketika anda menggunakan kartu debit dan anda kecopetan atau kartu debit anda hilang, anda hanya perlu memblokir kartu debitnya saja.
Itulah beberapa manfaat yang akan anda peroleh ketika anda menjadi pengguna transaksi non tunai.

 

foto kompasiana

(Visited 257 times, 1 visits today)