Dalam bisnis online, konsep SEO lokal alias Search Engine Optimization merupakan konsep yang harus dipahami oleh semua pemilik bisnis. Agar sebuah bisnis online bisa sukses, trafik atau kunjungan orang ke website tersebut harus tinggi. Konsep SEO lokal diterapkan untuk meningkatkan trafik lewat kunjungan ke website, yang diperoleh lewat posisi atau ranking tinggi di halaman hasil pencarian Google, Yahoo Search dan Bing (semakin tinggi peringkat, semakin tinggi kemungkinan halaman diklik). Hal ini akan membantu pemilik bisnis menghadapi persaingan di dunia bisnis online.

baca sebelumnya : apa yang dimaksud dengan seo google?

Akan tetapi, hal ini tidak semudah kedengarannya. Konsep SEO lokal memang sesuatu yang bisa dipelajari, namun pebisnis online biasanya memiliki banyak saingan sehingga tidak akan mudah untuk langsung mendapat posisi teratas di mesin pencari, apalagi jika produk bisnisnya termasuk laris atau banyak pesaingnya seperti bisnis restoran, menjual software, menjual produk e-book bisnis dan sebagainya. Jika anda baru mulai mengembangkan bisnis atau bahkan baru mulai, kemungkinan anda akan kalah saing. Satu – satunya jalan adalah dengan membuat website anda lebih terfokus, di antaranya dengan mengutamakan Konsep SEO lokal.

Konsep SEO Lokal untuk Trafik lebih Terpusat.

Salah satu masalah yang sering menimpa para pebisnis online adalah trafik tinggi belum tentu mencerminkan website bisnis yang sukses. Pasalnya, trafik tersebut bisa jadi datang dari orang yang tanpa sengaja masuk ke website tersebut dan tidak berminat sama sekali dengan produk atau jasa yang ditawarkan, atau mungkin trafik yang sumbernya dari alamat IP yang sama. Akibatnya, walau nampaknya trafik anda tinggi, sebagian besar mungkin hanya pengunjung sambil lalu yang sebenarnya tidak tertarik dengan bisnis anda.

Menerapkan Konsep SEO Lokal mungkin bisa menjadi jawabannya. Konsep SEO Lokal berarti memusatkan optimasi mesin pencari website pada pasar lokal, dengan demikian memastikan bahwa orang yang mengunjungi website anda benar – benar mereka yang paling tidak merasa tertarik pada apa yang anda tawarkan, atau karena website anda mengandung kata kunci yang sesuai dengan apa yang mereka cari. Dalam SEO, semakin spesifik kategori hal yang dicari, semakin spesifik pula pengunjung yang datang, dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan mendapat untung.

Hal ini sangat berguna jika anda menerapkan ilmu content marketing, yaitu usaha menarik pelanggan lewat konten website yang menarik dan informatif namun masih berkaitan dengan produk yang sebenarnya dijual, dengan kata lain menerapkan metode soft selling. Dengan memanfaatkan Konsep SEO Lokal sekaligus konten menarik yang menuruti kaidah SEO, website akan lebih mudah menarik pengunjung yang memang berkepentingan dengan isi website dan produk yang dipasarkan.

Cara Mengembangkan Bisnis Lewat Konsep SEO Lokal

Ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis lewat Konsep SEO Lokal, dimana anda akan lebih menekankan pada kata kunci spesifik khusus yang paling bisa menggambarkan bisnis anda, serta sasaran pemasaran yang paling sesuai agar kemungkinan mendapat profit semakin besar. Inti dari Konsep SEO Lokal adalah:

  • Mencari dan mengaplikasikan kata kunci paling spesifik dan khusus yang unik serta menggambarkan bisnis anda, namun di saat yang bersamaan juga mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial.
  • Menerapkan konten website yang bukan hanya berkualitas, namun juga menawarkan daya tarik untuk pengunjung spesifik yang memiliki ketertarikan dengan bisnis atau produk yang dijalankan lewat website tersebut. Ini berarti potensi profit semakin tinggi.
  • Meningkatkan posisi website di halaman pertama atau setidaknya puncak hasil pencarian, terutama lewat Google Search.
  • Memastikan agar langkah – langkah mobil SEO dilakukan secara maksimal: pengguna ponsel adalah target cukup besar untuk berbagai jenis usaha karena mereka sering melihat website, email, memesan tiket, memesan acara wisata, membeli barang dan sebagainya.

Akhirnya, dalam mengembangkan bisnis lewat Konsep SEO Lokal, harus diingat bahwa cara – cara ‘lama’ yang licik tak lagi berlaku. Saat ini, Google sedang mengetatkan sistem algoritma sehingga teknik curang (disebut juga black SEO) mulai berkurang. Jadi, anda tidak bisa lagi bergantung pada taktik seperti cloaking atau memasang banyak jebakan link di deskripsi produk. Anda harus menggunakan taktik yang dirancang sendiri, konten website original dan kata kunci yang relevan.

(Visited 166 times, 1 visits today)