Jenis Transaksi Non Tunai Dalam Ecommerce

Berkembangnya e-commerce memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan transaksi non tunia di Indonesia. Sitem jual beli dengan media internet ini sangat memudahkan kita dalam mendapatkan barang / jasa yang kita butuhkan. Karena pertemuan antara penjual dan pembeli melalui dunia maya maka satu-satunya jalan untuk dapat bertransaksi adalah dengan menggunakan transaksi non tunai.

Transaksi non tunai yang dapat digunakan dalam e-commerce terdapat berbagai macam jenis. Jenis-jenis transaksi non tunai dalam e-commerce antara lain:
1.Kartu Kredit
Ini merupakan jenis transaksi yang paling sering digunakan dalam e-commere. Kartu kredit merupakan jenis penyelesaian transaksi kredit dalam bentuk kartu yang dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran pembelanjaan. Nantinya di tiap akhir periode, nasabah akan mendapatkan tagihan atas transaksi yang dilakukan.
2.E-cash
E-cahh merupakan uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di hanphone. Jika Anda ingin melakukan transaksi non tunai dengan e-cash pastikan Anda memiliki account khusus sehingga dapat melakukan pembayaran melalui internet.
3.Cash Card
Untuk dapat melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan cash card pastikan Anda memiliki software bernama e-wallet. Pada pembayaran di internet, pembeli dan penjual harus memiliki smart card reader, alat khusus ini akan disambungkan ke port serial di komputer. Cash card harus digesekkan ke smart card reader, sehingga chip yang ada dalam kartu tersebut dapat dibaca oleh komputer.
4.E-check
Merupakan sistem pembayaran online yang dilakukan dengan menulis cek elektronik. Cek tersebut akan ditransmisikan secara elektronik melalui e-mail, fax atau telepon.
5.Micropayment
Micropayment adalah model pembayaran elektronik melalui internet atau media lain untuk jumlah uang yang relatif kecil dan transaksi yang tinggi.
6.Anonymous Digital Cash
Uang elektronik yang di enkripsi. Anonymous Digital Cash merupakan uang elektronik yang menjamin privasi dari pengguna dan tetap terjamin sama seperti uang kertas atau uang koin sebagaimana yang kita kenal.
7.Transfer Via Bank
Transfer via bank adalah transaksi non tunai dalam e-commerce yang sangat familiar, hampir pemilik e-commerce menawarkan transaksi jenis ini. Tranver via bank menuntut agar pemilik e-commerce mempublish nomer rekening yang dimilikinya, dan pembeli perlu mengirimkan bukti fisik transfer yang dilakukan. Transef via bank tidak melulu harus dengan setor uang tunai ke bank, dapat dilakukan dengan ATM, SMS Banking, atau E-Banking.

(Visited 825 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *