Tips Sehat –  Kehamilan, apalagi yang pertama kadang membuat seseorang menjadi sangat berhati-hati. Mengurangi aktivitas dan menjaga pola makan dengan baik. Meskipun sedang hamil, olahraga tetaplah penting untuk calon ibu. Salah satu olahraga yang sederhana dapat dilakukan adalah berjalan kaki. Tidak membutuhkan banyak biaya dan tidak membutuhkan peralatan khusus untuk melakukannya.

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2015, tercatat 803 kematian ibu hamil setiap harinya. Yang mengagetkan, 99 persen di antaranya terjadi di negara berkembang, dan Indonesia menjadi salah satunya. Sebagian penyebabnya adalah kondisi kehamilan yang tidak sehat. Kehamilan bukan berarti berhenti melakukan aktifitas fisik. Olahraga tetaplah penting untuk ibu hamil.

Salah satu alternatif olahraga sangat sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah jalan kaki. Setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda. Untuk memulai latihan awali dengan durasi 15 hingga 30 menit tiga kali seminggu. Durasi ini dapat diturunkan atau ditingkatkan sesuai dengan kondisi tubuh. Lakukan olahraga dalam batas wajar dan masih nyaman untuk dilakukan.

Manfaat jalan kaki bagi ibu hamil adalah:
1. Mengurangi Risiko Terjadi Keguguran
Berjalan kakilah di pagi hari atau di lingkungan yang terhindar dari polusi udara baik untuk suplay oksigen bagi ibu dan bayi. Berjalan kaki juga meningkatkan sirkulasi aliran darah secara keseluruhan dan menguatkan otot-otot yang digunakan selama kehamilan. Penelitian seputar kehamilan trimester ketiga yang dilakukan oleh Center for Children’s Environmental Health di Universitas Columbia menunjukkan, udara yang dihirup ibu hamil di dua trimester akhir turut berpengaruh pada perkembangan janin di dalam kandungan.
Perhatikan tempat dan keadaan udara saat berjalan kaki. Cari tempat dengan udara yang bersih dan sinar matahari yang bersahabat. Hindari berjalan kaki disaat terik matahari.

2. Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil
Memasuki usia kehamilan 6 bulan, nafsu makan ibu hamil umumnya akan bertambah. Saat mengonsumsi banyak makanan yang mengandung gula dan tak diimbangi dengan aktivitas, kadar gula bisa melonjak naik. Aktivitas fisik juga akan menghindari kegemukan pada ibu hamil. Kadar gula yang stabil juga akan membuat janin terhindar dari kegemukan dan membuat proses persalinan menjadi lebih lancar.

3. Menjaga Kelenturan Sendi
Aktivitas fisik akan membuat otot sendi tetap lentur, hal ini akan membantu membuka jalan lahir, sehingga memungkinkan Anda melahirkan secara normal dan pemulihan pasca persalinan pun menjadi lebih cepat.

4. Mengurangi Ketidaknyamanan
Lebih aktif secara fisik, salah satunya dengan rutin berjalan kaki di pagi hari membuat tubuh lebih kuat. Dengan bergerak aktif, peredaran darah akan semakin lancar, sehingga kesemutan, kram, dan pegal-pegal tak lagi mengganggu. Tubuh menjadi lebih segar dan mudah rileks ketika masa kehamilan.

tips berjalan untuk ibu hamil

Tips ala Idayanti Sudiro

5. Mengurangi Risiko Preeklampsia
Preeklampsia merupakan masalah yang dihadapi oleh ibu hamil. Preeklamsia adalah komplikasi yang terjadi pada masa kehamilan dan berpotensi membahayakan kandungan. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan tekanan darah yang tinggi dan terdapat unsur Protein pada urine.

Jalan kaki secara rutin di pagi hari dianggap mampu mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Alasannya, berjalan kaki membantu menjaga berat badan dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga tekanan darah selama kehamilan menjadi lebih stabil. Selain itu olahraga juga dapat diimbangi dengan menjaga pola diet. Meskipun rasanya ingin makan banyak, tapi perhatikan setiap asupan untuk tubuh calon ibu. Supaya ibu dan anak tetap sehat dan proses persalinan berjalan dengan normal serta lancar. Dan berjalan kaki adalah sarana kita untuk bersyukur dan menetralkan semua hal yang tidak baik akibat kebiasaan buruk kita sehari-hari.

Dan untuk anda yang ingin mempunyai kualitas hidup yang lebih baik dapat mengikuti Pelatihan Rahasia Berjalan Alami bersama Idayanti Sudiro, SE. Sudah terbukti ribuan orang yang mengikuti program ini dan berhasil dengan memuaskan, tidak sekedar memadamkan masalah atau keluhan dipermukaan melainkan mendapatkan solusi yang sebenarnya yaitu dari mempraktekan kebiasaan yang benar. Anda dapat mulai konsultasi dengan kami di www.IdayantiSudiro.com untuk masalah penyakit dan kesehatan.

 

foto pexels

(Visited 24 times, 1 visits today)