Tips Ibu –  Sebagian orang mungkin tidak menyukai buah dan sayur. Ada yang bilang kalau makan sayur itu seperti makan rumput, tidak enak, dan lain sebagainya. Padahal sayur dan buah sangat diperlukan untuk tubuh karena terkandung berbagai jenis nutrisi seperti vitamin, mineral, kalsium, protein dan masih banyak lagi.

Berikut akibat kalau seseorang tidak menyukai buah dan sayur.
1. Daya tahan tubuh lemah
Didalam buah dan sayur terdapat berbagai zat seperti antioksidan yang berfungsi agar tidak gampang sakit, menangkal radikal bebas serta bisa membuat awet muda. Ada juga vitamin C, zinc, dan betakaroten yang mencegah seseorang terkena flu.

2. Gangguan pencernaan
Jika seseorang jarang memakan buah dan sayur bisa terkena gangguan pencernaan seperti sembelit. Sembelit adalah feses menjadi keras dan susah dikeluarkan dan ini disebabkan karena kekurangan serat. Jadi kalau terkena sembelit, segeralah makan buah-buahan seperti papaya atau apel. Tetapi lebih baik dibiasakan makan buah jangan sampai terkena sembelit.

3. Gusi berdarah dan sariawan
Buah dan sayur mengandungvitamin C, kalsium, dan magnesium dan kalau kekurang zat tersebut akan membuat seseorang gampang sariawan dan menyebabkan gusi berdarah. Jadi makanlah buah-buahan yang mengadung tinggi vitamin C seperti jeruk, melon, apel, pir serta sayuran seperti bayam.

4. Gangguan mata
Mata membutuhkan asupan vitamin A, dan ini didapatkan dari sayuran dan buah. Jika kekurangan bisa menyebabkan risiko rabun senja atau mata minus, katarak, dan gangguan lainnya. Buah yang dinilai baik untuk mata adalah wortel.

5. Tulang menjadi keropos
Kekeroposan tulang bisa juga disebut osteoporosis. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin D dan kalsium. Osteoporosis bisa terjadi terjadi seperti berikut, jadi kalsium dan vitamin D itu memperkuat massa tulang dan membuatnya padat. Tetapi jika tulang tidak padat, maka tulang akan rapuh dan menimbulkan kekeroposan pada tulang.

6. Meningkatkan risiko terkena kanker
Memang tidak ada makanan khusus pencegah kanker, tetapi dengan pola makan teratur yang kaya akan buah dan sayur bisa mengurangi risiko terkena kanker. Zat yang bisa mengurangi risiko kanker adalah antioksidan, karotenoid, vitamin E, dan vitamin C.

7. Meningkatnya berat badan
Orang yang tidak menyukai buah dan sayur kemungkinan akan menggantinya dengan minuman-minuman botolan yang tinggi kalori. Buah dan sayur bisa membuat kita lebih kenyang tanpa mengurangi energi pada tubuh, serta mengurangi keinginan lebih untuk makan banyak.

8. Tekanan darah tinggi
Pola makan yang tinggi garam tanpa diiringi dengan mengonsumsi buah dan sayur akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, sakit kepala, risiko sakit jantung, dan penyakit lainnya.

efek anak tidak suka sayur

9. Peningkatan risiko 5 penyakit berbahaya
Riset kesahatan dasar (rikesdas) telah meneliti bahwa ada 5 jenis penyakit paling membunuh di Indonesia yaitu hipertensi, diabetes, jantung, stroke, dan osteoporosis. 5 lima penyakit tersebut bisa diatasi dengan pencegahan sejak awal, yaitu membiasakan pola makan teratur dan gizi seimbang, yang artinya ada buah dan sayur yang menjadi salah satu menu harian.

Itulah 9 bahaya kesehatan kalau seseorang tidak suka makan buah dan sayur. Tips terpenting adalah, hilangkan pikiran bahwa buah dan sayur tidak enak, selalu ingat saja akan kepentingan kesehatan tubuh. Anda tidak ingin terkena 9 gangguan kesehatan seperti yang disebutkan diatas hanya karena tidak mau memakan buah dan sayur bukan?

 

foto pexels

(Visited 21 times, 1 visits today)