Tips Keuangan –  Hay Bunda, sebagai seorang ibu yang mengatur keuangan rumah tangga. Mau tidak mau Bunda harus menjadi lebih pandai dalam mengurus keuangan rumah. Setidaknya Bunda pun harus menabung agar memiliki simpanan uang untuk kebutuhan mendadak. Atau Bunda menabung untuk menyiapkan uang demi kebutuhan tertentu dalam jangka waktu yang panjang nantinya.
Meskipun Bunda seorang ibu digital yang sudah menggunakan berbagai teknologi untuk membantu kegiatan sehari-hari sekalipun. Memang sulit di pungkiri jika Bunda bisa menabung dengan mudah. Ada saja pengeluaran setiap harinya yang tidak di rencanakan. Kadang Bunda sudah menganggap uangnya lebih untuk di tabung. Eh ada kebutuhan mendadak, ada saja yang membuat batal menabung.

Nah Bunda sepertinya Bunda harus mengetahui apa saja yang menjadi godaan Bunda untuk susah menabung. Sehingga Bunda bisa melakukan antisipasi dan bisa tetap menabung. Jadi seorang ibu itu Bunda harus lebih kreatif dan harus lebih terbuka. Supaya Bunda bisa lebih mudah di dalam mengurus segala urusan rumah dengan baik. Nah mau tahu apa saja sih godaan yang membuat Bunda gagal menabung? Berikut penjelasannya:

Pertama pasti Bunda tidak akan bisa menolak ketika melihat barang lucu buat anak. Padahal Bunda tidak butuh-butuh banget sih. Tapi karena lucu dan Bunda merasa bakal sangat cocok dipakai si kecil. Bunda langsung saja membelinya tanpa pikir panjang. Nah ini salah satu yang membuat Bunda gagal menabung. Memang membelikan si buah hati adalah kewajiban. Namun sebaiknya Bunda membatasi keperluan si kecil. Jika masih tidak butuh jangan di beli. Apalagi barang si kecil ini cepat sekali tidak muat lho Bunda.

Kedua yang menjadi godaan Bunda susah nabung adalah berbagai diskon yang Bunda temui. Bisa saja dalam bentuk cashback, buy one get one, atau berbagai promo lainnya. Biasanya Bunda akan merasa “wah mumpung murah” maka Bunda tanpa sadar akan membelinya. Nah ini salah satu masalah yang cukup sering terjadi dan fatal. Nanti saat di rumah Bunda baru berfikir, buat apa ya saya beli? Namun saat Bunda melihat barangnya di awal Bunda hanya merasa sayang mumpung diskon. Ini yang wajib Bunda hilangkan, batasi keinginan Bunda jika melihat barang diskon.

Hal lain yang bisa membuat Bunda susah nabung adalah kebiasaan pesan makanan atau delivery makanan. Tanpa sadar karena saat ini pesan makanan tinggal kirim pesan singkat. Bunda sering menyepelekan hal ini. “ah tidak apa lah, sekali-kali pesan saja, tidak usah masak” tanpa sadar Bunda memesan makanan beberapa kali dalam seminggu. Alhasil pengeluaran Bunda pun semakin besar. Jadilah tabungan Bunda pun tidak meningkat sama sekali.

Alasan lain Yang biasanya membuat susah nabung misalnya ketika mendapatkan undangan ulang tahun teman anak. Atau malah undangan untuk acara nikahan teman atau kenalan Bunda. Lebih lagi jika Bunda harus membuat segaram bridesmaid. Memang sih untuk perkara yang satu ini memang Bunda tidak bisa memberikan batasan yang pasti. Karena acaranya pun Bunda tidak merencanakan.

Namun biasanya untuk acara seperti ini Bunda sudah mendapatkan undangan jauh-jauh hari. Kecuali ulang tahun teman anak. Biasanya Bunda mendapatkan undangan dua hari sebelum acara berlangsung. Bunda pun harus bisa menyiasati hal ini. Pastikan Bunda memiliki uang khusus untuk alokasi acara. Dengan begitu Bunda tidak akan mempengaruhi jatah yang lain sehingga tetap bisa menabung.

(Visited 36 times, 1 visits today)