Generasi anak baik pasti suka menabung – Gelar anak yang baik sering diberikan pada anak yang cerdas, rajin dan suka menabung. Suka menabung? Apa hubungannya anak baik? Hmm keduanya nampak jelas berbeda. Coba kita telusuri lebih lanjut!
Apa itu baik?
Dalam pencarianku di KBBI (kamus besar bahasa indonesia) kata baik yang mengarah pada sikap atau budi pekerti berarti tidak jahat (tentang kelakuan, budi pekerti, keturunan, dan sebagainya). Baik juga sering diartikan jujur. membantu orang lain dalam hal-hal positif juga sering dikatakan baik.

Lalu apa itu Suka Menabung ?
Suka dalam KBBI berarti senang. Menabung dalam KBBI bearti menyimpan uang. Jadi makna kata Suka menabung berkaitan dengan kebiasaan seseorang yang suka/senang menyisakan uangnya untuk disimpan. Tujuan penyimpannya biasanya berbeda-beda.
Setelah mengetahui arti kedua kata tersebut kita bisa mengaitkannya sekarang. Keduanya memiliki arti yang berbeda baik bearti sifat posif dan suka menabung berati sifat seseorang yang senang menyimpan uang. Namun sifat seseorang yang senang menyimpan uang belum bisa kita artikan positif juga sehingga dua kata itu bisa saling berkaitan, karena tergantung orangnya juga senang menyimpan uang dalam hal apa? Kalau menabung untuk membeli sesuatu barang dan barangnya itu pistol untuk melakukan kejahatan itu berarti sifat negatif, tapi ada juga yang menabung untuk berjaga-jaga siapa tahu ada kebutuhan mendadak, nhah kalo ini sudah pasti posif. Namun ini belum cukup membuatku nyakin anggapan orang baik adalah orang yang suka menabung.
Coba kita kaitkan keduanya dalam massa sekarang. Sekarang ini BI (bank Indonesia) sedang gencar-gencarnya mengajak seluruh orang indonesia untuk berpartisipasi pada GNNT (gerakan nasional non-tunai) yang memiliki segudang manfaat, salah satunyadengan transaksi non-tunai atau tanpa uang kertas/logam mampu mengurangi pengeluaran dana negara untuk mencetak baik itu uang kertas atau logam. Juga dengan transaksi non-tunai, maka percepatan perpindahan uang secara virtual semakin tinggi dan velocity of money pun menjadi cepat yang berefek pada perekonomian indonesia yang lebih maju. Sehingga GNNT bisa dikatakan sesuatu yang sangat positif.
Lalu apa hubunganya? pengertian suka menabung adalah senang menyimpan uang sedangkan Dengan GNNT seseorang harus menyimpan uangnya dalam bentuk digital atau uang elektronik. Jadi dengan adanya GNNT secara tidak langsung membiasakan seseorang untuk menabung yang positif.
Jadi sekarang aku paham kenapa anak baik sering diasumsikan anak yang rajin, cerdas dan suka menabung…..

(Visited 261 times, 1 visits today)