Drospirenon pada pil KB ? Pengertian dan Manfaatnya

Anda sedang mencari pil KB atau alat kontrasepsi? Cari pil yang cocok untuk badan dan tanpa harus takut ada efek samping ? Nah, kalau IYA maka ini saatnya untuk baca artikel rekomendasi kami tentang drospirenon pada pil KB. Kami akan mengulas tentang pengertian serta manfaatnya secara detail.

Pil KB

Pil KB sangat recomended untuk membatasi kehamilan. Dalam pil KB terdapat hormon estrogen dan progestin. Hormon estrogen adalah hormon yang dimiliki oleh wanita dimana memiliki peran penting untuk siklus mentruasi dan reproduksi wanita. Sedangkan hormon progestin adalah hormon sintetis yang menyerupai hormon progesteron dan memiliki fungsi untuk mencegah ovulasi, menebalkan lendir serviks, pengendalian siklus menstruasi dll.

Jenis pil KB terbagi menjadi dua macam yaitu pil kombinasi dan mini pill. Tingkat efektifitasnya mulai 91 hingga 99 persen. Zat yang terkandung dalam Pil KB dimana termasuk obat progestin atau obat yang mengandung hormon progesteron buatan yang bertugas untuk mencegah ovarium untuk melepas sel telur sehingga mencegah resiko terjadinya kehamilan.

Drospirenon

Drospirenon adalah salah satu kandungan yang terdapat pada pil KB terutama pil KB kombinasi dan merupakan buatan manusia turunan dari 17afa spironolakton dan memiliki sifat antiandrogen dan antimineralokortikoid. Kandungannya biasanya dikombinasikan dengan Eitinilestradiol yang memaksimalkan fungsi untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat proses pematangan folikel dan proses ovulasi sehingga tidka terjadi proses kehamilan. Dan berikut adalah manfaat dari obat Drospirenon:

  1. Mengendalikan siklus menstruasi
  2. Mengurangi gejala PMS (Pre Menstruasi) seperti: payudara sakit,  naik turun mood, dll
  3. Mencegah muncul jerawat efek hormonal
  4. Mencegah resiko kista ovarium

Drospirenon dalam Pil KB

Nah, untuk cara konsumsinya adalah meminumnya 1 hari 1 kali selama 21 – 35 hari berturut-turut. Seperti saat kita konsumsi pil KB maka sama juga dengan obat Drospirenon akan memiliki tingkat efektifitas yang sama ketika diminum pada jam yang sama.

Dan yang paling penting adalah konsultasikan ke dokter ketika Anda mengkonsumsi obat Drospirenon. Ada beberapa kondisi dimana tidak boleh mengkonsumsi obat ini adalah: ibu hamil, ibu menyusui, diabetes, mengalami gangguan kardiovaskular, kanker hati, kanker rahim, mengalami gangguan siklus haid, merokok dan sudah berusia lebih dari 35 tahun.

Lakukan pencegahan kehamilan dan pemberian jarak untuk memberikan jeda pada badan. Lakukan dengan bijak dan diskusikan dengan pasangan

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *