Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online –  Di tengah banyaknya dan semakin meningkatnya kebutuhan hidup pada saat ini, banyak orang akan melakukan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan hidup tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah bisnis online. Pada saat sekarang ini banyak orang yang melakkan bisnis online baik itu melakukan penjualan barang maupun jasa atau lain sebagainya secara online. Mengapa bisnis online ini begitu digemari oleh banyak orang dan dianggap dapat memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat pada saat ini?

Tentu banyak sekali kelebihan dan manfaat dari bisnis online. Diantaranya adalah bisnis online benar-benar tidak terikat oleh waktu. Kita bisa melakukan bisnis secara online dimanapn dan kapanpun kita mau. Cukup dengan membawa handphone atapun laptop dengan koneksi internet maka kita sudah bisa melakukan bisnis online tersebut dimanapun dan kapanpun. Ini merupakan salah satu hal yang banyak menarik orang-orang untuk melakukan bisnis online.

Kemudian yang kedua adalah bisnis online lebih memberikan biaya yang murah bahkan gratis. Tentu dengan bisnis online yang tidak terbatas rang dan waktu kita tidak perlu membuka toko tertentu untuk melakukan bisnis seperti halnya di dunia nyata yang mengharuskan kita untuk memiliki toko atau tempat tertentu sebelum kita berbisnis. Tidak diragukan lagi bahwa kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuka toko tertentu baik itu karena membeli ataupun menyewa. Biasanya, transaksi jual beli maupun pembayaran pun dilakukan secara online sehingga tidak perlu repot-repot menemui pembeli maupun penjual ketika melakukan bisnis.

Kemudian kelebihan yang ketiga adalah bisnis online ini tidak memerlukan banyak tenaga untuk menjalankannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dengan adanya transaksi yang serba online maka kebutuhan akan operator pun semakin sedikit sehingga lebih sedikit membtuhkan tenaga kerja.

Kelebihan yang keempat adalah transaksipada bisnis online ini biasanya berlangsung sangat cepat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi tentu sangat memberikan kemudahan bagi kita di bidang apapun itu tidak terkecuali di bidang bisnis. Transaksi yang cepat dan serba online alah salah satu dampak dari perkembangan teknologi masa kini. Namun, dibalik banyaknya kelebihan bisnis online yang telah disebutkan diatas tentu saja banyak juga terdapat kekurangan dari bisnis online.

Diantara kekurangan-kekurangan dari bisnis online adalah :

  1. Masih terdapat banyak sekali penipuan online
    Tidak diragukan lagi bahwa internet adalah tempat yang sangat bebas. Orang-orang bebas melakukan apapun dan kapanpun kepada siapapun yang dia mau tanpa adanya penghalang. Dengan banyaknya para pebisnis online tentu ini akan menjadi kesempatan besar bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan online. Modusnya pun banyak sekali, seperti menawarkan kerja sama tertentu, atau menyediakan jasa tertentu yang pada akhirnya akan merugikan kita. Tidak jarang para pebisnis yang telah sukses melakukan bisnisnya harus berakhir akibat penipuan.
  2. Koneksi internet yang belum merata
    Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau di berbagai penjuru indonesia dari sabang sampai merauke. Dengan terbatasnya infrastruktur yang ada menimbulkan keterbatasan koneksi internet di berbagai daerah. Tentu bagi para pebisnis koneksi internet merupakan hal yang sangat penting. Luasnya koneksi internet juga akan menggambarkan banyaknya jangkauan yang akan dicapai oleh orang yang melakukan bisnis online tersebut. Jangkauan yang luas akan menggambarkan banyaknya pelanggan dan teman berbisnis. Makin banyak pelanggan tentu akan memberikan banyak keuntungan.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari bisnis online. Bagi kamu yang ingin melakukan bisnis online maka pikirkan lah baik-baik sebelum melakukannya.

by riko (foto pexels)

(Visited 158 times, 1 visits today)