Cara screenshot atau sering juga disebut sebagai screen capture di laptop maupun komputer sejujurnya sama saja, karena yang membedakan kedua gadget tersebut hanyalah fisiknya, dimana laptop berukuran ramping dan bisa mobile, sementara komputer mempunyai ukuran yang berkali-kali lipat lebih besar dari laptop dan hanya bisa terdiam disudut ruangan.

Bicara mengenai screenshot di laptop dan komputer, dimana jika kita telusuri sesunggungnya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan diantaranya adalah bisa menggunakan Aplikasi Light Shot, Capture Webpages Screenshot atau yang paling praktis adalah dengan menggunakan tombol Prt Scr atau dibeberapa merk laptop lainnya seperti laptop aku Asus, tombolnya Prt Sc.

Namun sayangnya jika kita mengambil screenshot menggunakan tombol Prt Scr maka yang akan terscreenshot hanyalah bagian bagian yang terlihat oleh layar, jadi ketika kita membuka web dan ternyata web tersebut memiliki height atau tinggi diatas 2000px, praktis kita tidak akan bisa menscreenshot seluruh isi dari web tersebut jika kita menggunakan tombol Prt Scr. Dan solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan aplikasi atau tepatnya add-on dari Fire Shot yaitu Capture Webpage Screenshot.

Berikut penjelasan satu persatu screenshot dengan kedua metode tersebut.

  1. Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc

Tombol printscreen ini banyak sekali namanya, contohnya kalau di Asus dinamai Prt Sc Sysrq. Hanya berbeda pada penamaan tapi untuk fungsinya sama saja, yaitu untuk mengcapture screen laptop atau komputer kita. Untuk mengambil screenshot menggunakan tombol ini sebenarnya cukup sederhana, berikut langkah – langkahnya:

a. Sorot gambar yang ingin di Screenshot

b. Tekan tombol Prt Sc atau Prt Scr

Tombol ini biasanya terletak dibagian pojok kanan atas keyboard.

c. Buka aplikasi Paint

Search aplikasi ini pada icon windows (icon bendera windows) pada pojok kiri bawah di layar monitor anda. Setelah ditemukan aplikasinya, tunggu hingga aplikasi terbuka sempurna.

d. Tekan CTRL + V

Jika aplikasi Paint sudah terbuka sempurna, tekan tombol CTRL + V pada keyboard laptop atau komputer anda. Untuk mempaste screenshot yang anda ambil tadi. Namun untuk lebih memfokuskan hanya pada objek yang anda inginkan, gunakan Tool Crop pada aplikasi Paint untuk memotong yang tidak perlu.

Perlu dicatat bahwa anda tidak bisa mengambil lebih dari satu screenshot dalam satu waktu, artinya kita harus bolak balik pada objek yang ingin discreenshot dan aplikasi Paint. Pada tampilan objek yang ingin discreenshot, menggunakan tombol Prt Sc adalah hanya bisa mengambil screenshot dari apa yang terlihat pada layar monitor laptop atau komputer anda. Dan selanjutnya ke aplikasi Paint untuk mempaste sekaligus men-save gambar yang sudah kita screenshot tadi, dan selanjutnya kita kembali lagi ke web untuk mencari gambar yang akan di screenshot, lalu ke paint dan begitu seterusnya.

snipping tools

screen capture menggunakan snipping tools

2. Cara mengambil screenshot dengan Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool merupakan tool bawaan Windows yang sudah ada sejak Windows Vista. Sayangnya tidak semua orang pernah memanfaatkannya. Padahal dengan Snipping Tool kamu bisa mengambil screenshot di Windows dengan jauh lebih fleksibel.

Dengan Snipping Tool kamu bisa mengambil screenshot pada seluruh layar, windows yang sedang terbuka, bagian layar yang diinginkan. Caranya kamu cukup buka snipping tool > New > pilih area screenshot yang diinginkan.

3. Menggunakan Software Screenshot

Jika menggunakan cara manual melalui Print Screenshot ataupun snipping tool belum mampu memenuhi kebutuhan kamu, kamu bisa menggunakan software screenshot yang mayoritas memiliki fitur lebih lengkap daripada tool bawaan.

Salah satu software screenshot adalah Picpick yang selain fiturnya lengkap juga sudah dilengkapi dengan image editor, sehingga kamu bisa langsung menambahkan tulisan, tanda panah, blur, atau keterangan lain yang kamu perlukan. Picpick ini bermanfaat banget buat kamu yang sering menulis tutorial di blog atau tengah membuat buku atau ebook panduan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

(Visited 90 times, 1 visits today)