Memperpendek URL atau URL Shortener adalah sebuah cara mengubah alamat Website/blog yang sebelumnya panjang menjadi lebih pendek (Ringkas). Lalu Untuk apa memperpendek URL? Memang tanpa memendekkan alamat Website/Blog sebuah Post atau artikel tetap akan tampil, baik pada saat kita Share ke Social Media, seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya, Memasukkan/Menyisipkan URL saat membalas Email pada Body Email, Bisnis Affiliate untuk strategi Promosi dan sebagainya.

Dengan menggunakan URL shortener, halaman yang kita sebar ke Internet akan terlihat lebih eye catching atau lebih nyaman dilihat dan Lebih Ringkas. Terutama jika Website anda yang panjang, anda harus menggunakan URL shortener untuk membuat Website anda lebih ringkas. Karena User (Pengguna Internet) lainnya tidak merasa terganggu akan Link Share kita.

Ada beberapa penyedia Jasa URL Shortener, diantaranya Bitly.com, Goo.gl (Google URL Shortener), IS.gd dan lainnya yang biasanya digunakan oleh para User atau Pebisnis Online. Penyedia layanan URL Shortener ini bisa anda gunakan secara Gratis alias Free. Paling sering User menggunakan Bitly.com untuk Share Artikel/post. Lalu bagaimana menggunakan Bitly.com? Berikut Cara Bagaimana membuat Link Pendek dengan Bit.ly?

Cara mendaftar URL Shorter (Bit.ly)

1. Daftar atau Signup terlebih dahulu, Buka situs Bit.ly dan Klik Signup,

cara-bagaimana-membuat-link-pendek-dengan-bit-ly

2. Lalu di Page selanjutnya anda akan di arahkan untuk mengisi Username, Email, dan Password.

cara-bagaimana-membuat-link-pendek-dengan-bitly

3. Isi 4 kolom tersebut secara tepat dan Benar, lalu Contreng kotak yang dibawahnya, kemudian pilih Create Account.

Sampai sini anda sudah mempunyai Akun di Bit.ly, Lalu anda bisa menggunakan salah satu Website penyedia jasa URL Shorten ini. Setelah anda sudah signup anda lanjutnya ke step berikut.

Cara menggunakan Bitly

Untuk menggunakannya anda bisa login dengan akun yang tadi anda daftarkan atau yang anda punya sebelumnya. Setelah anda sudah Login anda Klik Create Bitlink dan akan muncul Pop up seperti ini, Lalu anda Copy Paste URL Website yang ingin anda Perpendek seperti step Berikut ini :

cara-membuat-link-pendek-dengan-bitly

Setelah anda Copy Paste URL yang tadi, anda Klik Create dan anda akan mendapatkan URL yang sudah di perpendek. Setelah itu anda bisa Copy URL yang sudah anda Perpendek atau anda juga bisa langsung Share ke Facebook, Twitter, email, dan Social Media lainnya. Anda juga bisa Customize atau Edit Url setelah bit.ly/……. anda bisa isi dengan Nama Produk anda, Bisnis anda, atau apapun.

Begitulah Cara membuat Link Pendek dengan menggunakan Bit.ly. Semoga bermanfaat.

(Visited 59,883 times, 99 visits today)