Tips Parenting –  Dimasa pertumbuhan dan perkembangan, anak perlu memakan asupan makanan yang bergizi. Tetapi terkadang anak malah malas makan, bisa jadi karena anak yang memilih-milih makananan yang ingin ia makan. Tetapi ini tidak boleh dibiarkan karena bisa membuat si kecil kelaparan, membuat tubuhnya lemas dan kebiasaaan pemilih dalam makanan dan itu bukan merupakan hal baik.

Agar, anak tidak malas makan lagi, berikut trik dan solusinya.

tips anak agar mau makan

membiasakan anak makan tepat waktu

1. Membiasakan pola makan teratur
Membiasakan hal ini dinilai baik untuk mengatur pola makan anak, sehingga anak akan tahu di waktu-waktu tertentu pasti bunda akan menyajikan makanan. Sehingga ritme pola makan terbentuk, jadi si kecil merasakan lapar diwaktu yang sama dan ini membuatnya sedikit demi sedikit memakan makanan, karena terkadang anak malas makan karena memang ia belum merasakan lapar.

2. Variasi Menu
Ini merupakan hal yang menjadi tantangan bagi bunda, karena biasanya anak-anak cepat merasa bosan bahkan dalam hal makanan. Bunda bisa memvariasikan menu seperti makanan dibentuk menjadi lebih menarik, seperti dibentuk-bentuk lucu, diberi hiasan, lalu membuat perpaduan jus buah, dan mengkombinasikan antara rasa gurih dan manis dalam menu makanan hariannya.

3. Jangan memaksa anak
Terkadang, beberapa orng tua merasa kesal karena anaknya tidak mau makan sehingga memaksanya memakan makanan tersebut. Ini bukan hal yang baik lho, karena bisa meninggalkan kesan negatif terhadap makanan yang tidak ia sukai. Lebih baik bunda menjelaskan secara perlahan, mengapa ia perlu makan ini, apa alasannya tidak mau memakannya, atau menceritakan hal yang membuatnya berpikir tidak baik jika memilih-milih makanan.

4. Gunakan alat makan kesukaannya
Anak biasanya punya karakter kesukaan dari film atau tokoh yang ia baca di buku. Bunda bisa menyajikan makanan pada alat makan yang terdapat karakter kesukaan si kecil, sehingga ia bisa lebih bersemangat untuk makan.

5. Membuat suasana makan menjadi menyenangkan
Bisa jadi anak yang susah makan sedang merasa bosan dengan suasana makannya. Cobalah ajak anak bermain ke taman sekaligus membawa bekal untuk disantap. Dalam kondisi senang, anak akan lebih bersemangat memakan makanannya.

6. Porsi yang sesuai
Tips untuk menyajikan makanan pada anak adalah dengan porsi yang sesuai. Jika bunda memberikan porsi yang tidak sesuai anak akan malas memakannya, seperti di satu piring sudah terdapat banyak makanan, lebih baik hidangkan dalam porsi-porsi kecil, setelah habis tawarkan lagi agar anak menambah makannya.

7. Tidak menyuruh anak makan secara buru-buru
Anak-anak terkadang membutuhkan waktu lebih lama dalam memakan makanan. Tetapi bunda tidak boleh menyuruh anak makan lebih cepat, biarkan saja karena hal itu malah akan membuatnya merasa enek dan bisa menjadi mual dan akhirnya makanan tidak dihabiskan.

8. Memberi reward
Memberikan reward boleh-boleh saja agar menunjang semangat anak dalam melakukan hal-hal tertentu termasuk makan. Jika anak bemar-benar sulit makan, bujuk ia perlahan kemudian berikanlah reward karena anak-anak umumnya senang dengan hadiah.

9. Suplemen penambah nafsu makan
Jika cara-cara diatas dnilai belum berhasil, dan nafsu makan anak sangat akut, bunda bisa memberikan suplemen makanan untuk anak. Tetapi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Itulah 9 cara yang bisa membuat anak tidak malas makan lagi, cobalah semua cara-caranya, semoga si kecil tidak malas makan lagi ya!

 

foto pexels

(Visited 19 times, 1 visits today)