Bagaimana memulai menjadi penulis artikel website

Halo ibu ? Apakabar ? Kali ini tim IbuDigital akan berbagi informasi yang menarik dan tentunya menghasilkan uang. Yes, ini adalah pengalaman kami dan tim dalam menjalankan bisnis penulisan artikel. Semoga bermanfaat, yuk disimak.

Menjadi penulis artikel itu gampang-gampang susah dan pastinya ini adalah profesi yang dapat dijalankan baik secara ngantor maupun dari rumah. Bahkan dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Seperti yang dilakukan founder Ibu Digital IsahKambali yang memulai langkah didunia digital dengan menyediakan jasa penulis artikel website.

Jasa penulis artikel website tidak jauh berbeda dengan jasa menulis untuk makalah atau artikel offline lainnya. Hanya perlu sedikit menambah keahlian jika ingin terjun ke dunia menulis artikel untuk website. Nah, berikut adalah beberapa keahlian yang harus dikuasai atau dipelajari:

penulis artikel

  1. Mengerti dan menyukai dunia kepenulisan. Tentunya hal ini menjadi dasar dan pastinya bisa dipelajari. Kita harus mengerti dan menguasai berbagai jenis tema artikel yang dibutuhkan oleh pasar seperti tema kesehatan, bisnis, tekno, kuliner, tips, parenting dll. Yes, rasanya seperti harus menguasai banyak hal tapi yang sebenarnya adalah kita harus memahami tema tersebut dan menuliskannya kembali dengan gaya atau style yang direquest oleh klien. Kita seperti merangkum banyak artikel tanpa harus melakukan copy paste. Jika Anda sudah terbiasa, yakin deh hal ini bakalan sangat mudah dilakukan.
  2. No copy paste itu wajib hukumnya. tak boleh Anda menyadur artikel plek jiplek dari website lain dan memberikannya kepada klien. Kasihan website klien bisa anjlok ratingnya di Google. hal basic seperti ini wajib diketahui ya. Anda dapat memanfaatkan tools copyscape dot com untuk mengecek apakah artikel Anda sudah lolos dari praktek copy paste website lain.
  3. Mengerti dunia SEO. Apa itu SEO ? Search Engine Optimization yaitu bagaimana caranya agar kita dapat mengoptimalkan artikel/website/ konten kita agar bisa halaman 1 Google. Ada SEO organik dan berbayar, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.
  4. Menguasai aneka tema sesuai dengan kebutuhan klien. Ini terdengar menjadi superman tapi menjadi penulis artikel memang harus lihai dan mampu menguasai hampir semua jenis tema tetapi tetap memprioritaskan apa kekuatan Anda. Apakah Anda sangat menguasai tema parenting, tekno, otomotif, memasak, atau lainnya. Pastikan Anda mengetahui apa kekuatan Anda.
  5. Mampu bekerja dengan deadline dan siap menerima revisi artikel. Yes, hal ini sudah sangatlah wajar di dunia penulis artikel bahwa terkadang klien kita meminta revisi tema lebih dari sekali. Anda cukup memberikan informasi bahwa Anda berkenan melakukan revisi 2-3 x dengan tenggang waktu tertentu.
  6. Mengetahui kata kunci atau keyword yang diinginkan oleh klien. Ini akan sangat terasa antara menulis bebas dengan menulis artikel untuk website. Anda harus menguasai lebih dalam tentang keyword, H1, mana link yang akan dimunculkan dan dimention dalam artikel.
  7. Join forum-forum penulisan artikel website baik di group wa / telegram atau facebook. Darisana Anda akan banyak mendapat insight bahkan klien jika Anda aktif dan mengenalkan diri.
  8. Anda dapat juga bergabung dengan web kumpulan blogger yang menawarkan jasa penulisan artikel. Tentunya fee yang akan Anda dapatkan sudah dipotong biaya marketing dari website penyedia.

Yes, rasanya 8 hal diatas sangatlah penting. Anda dapat memulainya dengan membangun portofolio sendiri. Anda dapat mulai dengan membuat website pribadi yang berisi artikel Anda dan mulai menawarkan ke pembaca dan calon klien. Anda dapat juga mencantumkan portofolio Anda diwebsite sendiri. Sertakan juga nomor kontak whatsapp atau sosial media yang dapat dihubungi.

Yes, memulai menjadi penulis artikel berarti memulai membangun rumah digital Anda. Hanya awalnya saja yang terasa berbeda dan lama-kelamaan Anda akan terbiasa. Nah, untuk Anda yang membutuhkan jasa penulis artikel website bisa menghubungi Master UKM di WA  08383.7060.702.

 

foto pexels

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *