Bagaimana Cara Optimasi Aplikasi Telegram Untuk Bisnismu

Menjadi pebisnis baik offline maupun online adalah pilihan yang seru untuk dijalankan. Profesi ini bisa dijalankan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun bahkan bagi seorang ibu rumah tangga dengan balita yang sedang aktif-aktifnya.  Nah, lalu bagaimana caranya kita meningkatkan penjualan bisnis kita meski menggunakan tools gratisan ? Lalu apakah aplikasi telegram juga bisa membantu bisnis kita ? Dan artikel kali ini akan mengulik detail bagaimana caranya mengoptimasi telegram untuk meningkatkan bisnis kita.

Yes, aplikasi telegram mulai banyak dilirik oleh semua profesi termasuk pebisnis. Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh para produsen aneka produk untuk share produk dan aneka diskon barangnya. Lalu, bagaimanakah caranya optimasi telegram untuk bisnis Ibu, berikut 7 tips yang dapat dilakukan.

 

  1. Buatlah akun di aplikasi telegram, misalnya namanya Alifa Fatima maka pastikan nama url akunnya www.telegram.com/alifafatima. Hindari menggunakan nama alay atau menggunakan hurus yang panjang misal alifafatima1992.
  2. Buatlah channel di telegram yang mencerminkan bisnis/passion Anda. Misalnya channel “info seputar bisnis online” yang berisi info dan tips didunia online. Atau Anda membuat channel tentang bisnis misalnya “Reseller Kebab Alifa” yang isinya tentang update informasi baik seputar harga, cara daftar reseller, foo produk untuk follower channel Anda. Channel telegram sendiri sifatnya hanya satu arah sehingga seperti kanal broadcast.
  3. Buatlah group di telegram yang berisi diskusi tentang info dan tips. Semua peserta group dapat berdiskusi secara aktif.
  4. Undang dan promosikan group telegram Anda ke semua sosial media yang Anda miliki seperti facebook, instagram, website, youtube, twitter bahkan whatsapp. Lakukan hal ini secara terus menerus.
  5. Buatlah materi yang berisi info dan tips seputar bisnis Anda. Edukasi peserta group dan anggota channel Anda baik dari segi produk maupun seputar bisnis Anda. Lakukan tahapan sharing/berbagi untuk menaikkan engagement dan trust peserta ke Anda dan brand.
  6. Berikan target pada diri sendiri agar tahapan optimasi telegram berjalan sesuai planning kita. Misal 1 bulan pertama ditargetkan 1000 peserta di group lalu bagi menjadi target perminggu dan kemudian dibagi menjadi target perhari.
  7. Lakukan evaluasi sejauh mana tahapan optimasi telegram memiliki dampak pada penjualan dan branding bisnis Anda. Apakah memiliki dampak yang siginifikan atau masih biasa aja. Lakukan evaluasi dengan melihat data penjualan apakah ada transaksi dari kanal telegram.

Yes, 7 tahapan diatas sangat penting. Semakin banyak peserta/ follower baik di channel maupun group maka akan menaikkan brand awareness produk Anda. Sebuah langkah promosi gratis tapi berdampak. Anda juga dapat menjaring reseller/agen pada kanal channel maupun group telegram.

7 tips diatas sangat berpengaruh jika Anda melakukannya secara konsisten. So, meski channelnya gratisan tapi juga mampu memberikan dampak pada penjualan. Nah, masih ingin ngulik lebih jauh lagi dan mau dapat aneka tips yang menarik seputar dunia aplikasi termasuk telegram bisa klik website imls.net yang banyak mengulas aneka informasi dan tips seputar dunia digital seperti game, tips seputar android, game pc dll. So, mau cari seputar tips aplikasi ? Langsung saja ke IMLS.

foto freepik

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *