Apakah Ibu Bisa Menjadi Freelance di Dunia Digital ?

Menjadi seorang Ibu Rumah Tangga merupakan pilihan yang sangat mulia. Mengasuh anak dengan tangan sendiri tanpa melewatkan setiap momen perkembangannya adalah salah satu hal yang membuat para wanita memutuskan untuk menjadi seorang Ibu Rumah Tangga purnawaktu. Tapi jangan salah, bukan berarti Anda sebagai seorang Ibu Rumah Tangga tidak punya peluang untuk berkarya dan menghasilkan pendapatan nya sendiri. Tak ingin kehilangan kesempatan mendidik si kecil sekaligus mengaktualisasikan diri kerap menjadi dilema bagi para Ibu Rumah Tangga. Namun, selain menjadi dilema ternyata hal ini justru dapat memunculkan inspirasi pekerjaan Freelance yang dapat dilakukan dari rumah.

Lalu, Apakah seorang Ibu Rumah Tangga bisa jadi Freelance di Dunia Digital?

Ilmu di Dunia Digital terus berkembang seiring kemajuan zaman. Harus diakui pekerja di bidang ini masih di dominasi para pria, namun bukan berarti wanita tidak bisa. Bukan hanya itu, anda pun dituntut memiliki ilmu yang kuat di bidang teknologi, digital dan internet agar siap menghadapi tantangan.

Jika anda ketinggalan mempelajari ilmu tersebut, masih ada kesempatan untuk memulainya. Anda bisa mempertajam ilmu digital perlahan-lahan melalui jalur pendidikan atau kursus singkat. Selanjutnya, jadikan ilmu tadi sebagai modal untuk bekerja lepas (freelance) guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Inilah beberapa macam pekerjaan freelance di dunia digital yang bisa anda kerjakan paruh waktu. Jangan lupa, terus latihan dan belajar berinovasi agar tak kalah bersaing dengan yang lain nya.

  1. Freelance Blogger
    Suka menulis? Menjadi penulis freelance juga bisa menjadi pilihan bisnis untuk Ibu Rumah Tangga. Penulis konten ataupun penulis blog bisa mendapatkan penghasilan yang layak jika disiplin dan konnsisten dalam menulis.
  2. Online Marketer
    Mungkin anda sering menemukan akun promosi di media sosial atau chat messenger? Pekerjaan inilah yang disebut dengan online marketer dan sangat mungkin dikerjakan paruh waktu.
  3. SEO
    Sejalan dengan perkembangan website dan konten, profesi sebagai ahli SEO atau Search Engine Optimization sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang khususnya bergerak di bidang online service membutuhkan tenaga ahli SEO. Sebagai ahli SEO, anda harus memastikan bahwa kata kunci dari suatu konten di situs perusahaan tersebut “ramah” oleh mesin pencarian sehingga banyak orang yang melihat dan membuka situs tersebut.
  4. Content Creator
    Meskipun sama-sama menulis, content creator berbeda dengan blogger. Jika blogger menulis berdasarkan keinginan nya sendiri, content creator harus memiliki kemampuan menulis dengan cepat berdasarkan kemauan klien, menggabungkan dengan issue yang berkembang sesuai zaman, dan topik yang ditulis mampu mengundang traffic tinggi.
  5. Social Media Administrator
    Jika anda melek akan teknologi dan trend, pekerjaan menjadi social media administrator adalah hal yang mudah. Anda seperti menjalankan hobi saja. Tugasnya memantau dan mengisi konten Facebook, Twitter, hingga Instagram milik klien atau sebuah perusahaan. Pekerjaan ini bisa dilakukan melalui smartphone pribadi Anda, sehingga sangat mudah dan mungkin dijadikan sebagai pekerjaan tambahan atau freelance.

Jadi pekerjaan freelance mana yang paling menarik perhatian Anda?

Poin yang tidak boleh dilupakan, Anda telah memilih untuk menjadi seorang Ibu Rumah Tangga Purnawaktu, dan pekerjaan freelance hanyalah sampingan untuk mengisi kekosongan waktu. Jangan sampai jadi terbalik nantinya. Oleh karena itu, pilihlah pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan tanpa mengorbankan tugas dan tanggung jawab Anda sebagai seorang Ibu Rumah Tangga.

(Visited 203 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *