Saat ini konten bukan hanya sebuah tulisan dan foto lagi. Tapi sudah masuk ke dalam dunia Video. Tidak hanya itu, Konten dalam bentuk video ini sedang Trend-trendnya. Sehingga banyak anak muda yang membuat konten video, yang berisikan tentang kehidupannya dalam bentuk aktifitasnya sehari-hari lalu di Upload ke Youtube. Tapi tahukah, disebut apakah konten video tersebut? yups… itu disebut Video Blog atau Nge-Vlog. Lalu Apa itu Video Blog atau Nge-Vlog? yuk kita bahas.

Video Blog atau Nge-vlog adalah sebuah kegiatan Blogging dengan menggunakan media Video bukan menggunakan teks atau tulisan, yang berisi tentang Kehidupan, opini, ketertarikan terhadap suatu hal, show off kemampuannya, dan lainnya. Orang yang  membuat Video Blog disebut Vlogger.

Untuk membuat Video Blog anda bisa menggunakan berbagai perangkat, seperti Ponsel berkamera, Kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera yang sudah dilengkapi mikrofon. Lalu anda tinggal bicara didepan kamera atau Handphone anda, biasanya para Vlogger menceritakan tentang kehidupannya, kegiatannya, hobi atau hal yang mereka suka, menjawab pertanyaan dari orang lain, memberi tips-tips, review produk dan ada juga yang isinya tentang hiburan atau melawak.

Untuk durasi dalam video blog itu bervariasi, ada yang berdurasi 5-10 menit, dan ada juga yang sampai 15 menit lebih. Mungkin kita lihat sepertinya mudah membuat Video blog itu, tapi sebenarnya bikin vlog itu susah-susah gampang, tergantung dari pribadi masing-masing orang, dan juga tingkat kepedean anda sendiri.

Sekilas tentang sejarah dari Vlog, Vlog mulai menunjukkan eksistensinya yang signifikan pada tahun 2004 dan mulai meningkat popularitasnya pada awal tahun 2005. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keanggotaan grup video blogging Yahoo! secara dramatis pada tahun 2005. Dan pada saat itu juga situs video sharing, Yaitu Youtube muncul.

Dalam sekejap Youtube mendapat peringkat 5 Website yang paling banyak dikunjungi. Ia juga termasuk dari sekian banyak situs dengan conten management system yang dapat mengelola masukan video, dan mempersilahkan para penggunanya untuk memiliki serta mengelola halaman video milik mereka sendiri. Selain berbagi video secara umum, video blogging juga merupakan kategori berbagi yang populer di situs Youtube.

Di Indonesia sendiri, penggunaan Video blogging mulai disadari ketika tahun 2009 muncul sebuah video rekaman pribadi seorang aktris muda terkenal bernama Marshanda, yang tersebar luas di Youtube dan menjadi topik yang segera hangat dibicarakan saat itu/

Lalu muncul lagi pada tahun 2010, yaitu hadirnya gadis muda asal Jawa Barat bernama Sinta dan Jojo yang merekam diri mereka sedang menari dan menyanyikan lagu-lagu secara Lipsync, salah satunya yang membuat mereka tenar ialah lagu “Keong Racun”. Popularitas Vlog Sinta dan Jojo yang menyanyikan lagu Lipsync tersebut membuat banyak Masyarakat meniru mereka berdua.

Sampai saat ini sudah banyak vlogger yang bermunculan, Vlog mereka berisi tentang Trend yang sedang berkembang pada saat ini. Vlogger-vlogger yang ada di Youtube mereka menyebutnya dengan Youtubers. Oke.. itu saja tentang Vlog, semoga bermanfaat dan Terinspirasi untuk melakukannya, tapi jangan lupa yaa… Vlogging yang isinya bermanfaat dan inspiratif untuk semua orang yaa. Happy Vlogging!

(Visited 823 times, 1 visits today)