Apa dan Bagaimana Proses Persalinan dengan Metode Gentle Birth

Proses persalinan memang hal lumrah bagi semua ibu hamil, dan lumrah juga jika kita mengalami aneka perasaan yang bercampur baur menjadi satu. Perasaan takut, cemas, bahagia, suka, sedih, khawatir dan aneka perasaan lainnya. Tapi apapun itu, proses persalinan atau melahirkan adalah hal yang akan dialami oleh semua ibu hamil. Nah, diartikel kali ini kami akan membahas salah satu metode persalinan gentle birth yang bisa dijadikan alternatif untuk Anda.

Persalinan gentle birth adalah proses persalinan secara normal yang dilakukan dengan kondisi tenang dan minim sakit. Proses persalinan gentle birth biasanya dibantu oleh provider / tenaga ahli yang sudah terlatih. Terkadang proses persalinan gentle birth disupport dengan melakukan hypnobirthing.

Proses persalinan gentle birth biasanya dipilih untuk mereka yang ingin melahirkan secara normal, minim sakit, minim trauma dan tentunya tenang. Proses melahirkan sendiri sudah menjadi ketakutan bagi para ibu hamil apalagi ibu yang pertama kali mengandung. Padahal rasa takut itu sendiri malah akan membuat proses melahirkan menjadi kurang lancar dan menimbulkan rasa sakit. Nah, oleh karena itu proses persalinan atau melahirkan dengan gentle birth menjadi pilihan bagi sebagian ibu hamil karena banyaknya testimoni bahwa proses gentle birth minim trauma dan rasa sakit.

Sebenarnya apa yang terjadi dan diperlukan untuk melakukan proses persalinan secara gentle birth:

  1. Cari tahu info tentang persalinan gentle birth. Anda harus mencari info detailnya baik via artikel di website, forum, sosial media atau youtube. Sudah banyak artikel atau konten yang menjelaskan proses persalinan gentle birth. Semakin Anda mencari dan mempelajarinya dengan jelas dan detail maka Anda akan semakin mudah untuk mengambil keputusan.
  2. Pilihlah provider yang sudah terpercaya. Anda harus sudah mulai memilih akan melakukan proses bersalin di klinik apa, di provider siapa ? Apakah dia gentle birth atau bukan. Anda perlu melihat review atau testimoni ibu yang melahirkan di klinik/ provider tersebut. Anda juga dapat mencari tahu baik rate harga, pelayanan, service atau program apa saja yang mereka sediakan. Anda lebih baik mengunjunginya meski sekali sebelum Anda melakukan persalinan untuk memastikan bahwa klinik/provider tersebut sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  3. Memahami bahwa rasa”sakit” yang timbul saat persalinan adalah hal lumrah dan wajar. Anda hanya perlu menerima dan mengelolanya secara baik. Latihan pernafasan selama hamil akan sangat membantu ketika Anda mengalami rasa sakit saat persalinan.
  4. Aktiflah untuk berolahraga atau melakukan senam hamil/yoga untuk hamil. Yes, olahraga tetap wajib meski kehamilan makin berat dan badan makin terasa kelelahan. Anda harus melatih tubuh dan seluruh otot Anda untuk proses persalinan nanti. Apalagi proses persalinan membutuhkan tenaga ekstra. Maka, tetaplah berolahraga sesuai kondisi fisik Anda. Anda dapat melihat aneka tutorial video senam hamil yang tersedia di youtube.
  5. Kontrol secara rutin. Yes, hal ini wajib. Anda harus tetap kontrol secara rutin ke dokter kandungan/bidan untuk memonitor perkembangan janin. Melakukan USG pun sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana posisi janin, plasenta dll. Jika kondisi Anda dan calon bayi semuanya oke dan tanpa kendala, maka melakukan persalinan normal akan semakin mudah. Tetapi jika Anda menemui kendala, silahkan konsultasikan dengan provider Anda langkah apa yang harus diambil.
  6. Makanlah makanan yang sehat. Ini sangat penting, karena ibu hamil harus terus terjaga asupan nutrisinya dan mempersiapakan proses persalinan dalam kondisi fisik yang prima.
  7. Istirahat yang cukup. Hal ini memang agaklah susah, apalagi jika sudah hamil besar dimana sudah muncul banyak kendala seperti tidur susah, gampang cemas, perut terasa begah, mudah buang air kecil dan belum termasuk deg-degan menjelang proses persalinan. Tapi, Anda harus tetap memiliki waktu untuk tidur dan istirahat yang cukup.
  8. Komunikasikan apapun dengan calon “baby”. Hal ini sangat penting dengan melibatkannya didalam proses persalinan. Karena bayi Anda adalah salah satu yang memegang peranan penting saat persalinan selain ibu dan provider kesehatan. Anda perlu mengajaknya “ngobrol” dan melakukan afirmasi yang positif agar proses persalinan berjalan secara normal, mudah, minim trauma, minim sakit dll.

Yes, sekali lagi apapun pilihan Anda pastikan Anda mencari info secara detail dan lengkap. Tetap pantau kondisi calon baby secara menyeluruh. Selalu komunikasikan langkah apapun dengan pasangan dan keluarga.

Persalinan adalah hal paling bahagia karena sebentar lagi Anda akan bertemu dengan buah hati tercinta. Timbulnya rasa sakit dan cemas itu sangatlah wajar. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara mengelola rasa sakit dan cemas itu. Tetap bersyukur karena Anda sudah diberikan kesempatan untuk mengandung dan sebentar lagi mengalami proses persalinan. Jadikan momen persalinan menjadi momen bahagia Anda bersama pasangan dan keluarga untuk menyambut anggota baru.

foto pexels

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *