Anak Hiperaktif ? Ini dia kegiatan di rumah hemat biaya

Memiliki anak hiperaktif memang terkadang harus kreatif dan memutar otak. Bagaimana tidak, bisa dibayangkan jika energi mereka selalu “full” tapi tidak berbanding lurus dengan aktifitas kesehariannya maka kitalah yang repot. Nah, artikel kali ini akan mengulas tentang bagaimana mengisi kegiatan untuk anak hiperaktif dari rumah dan tentunya hemat biaya.

Anak Hiperaktif

Anak ini memiliki karakteristik yang tidak bisa diam dan memiliki energi yang lebih dibandingkan dengan seusianya. Terkadang orangtua sudah merasa kelelahan jika harus menemani aktifitas mereka di rumah. Tapi, jika diluar rumah maka harus pergi dan memakan budget, waktu serta tenaga. Maka, diperlukan kegiatan yang dapat dilakukan dari rumah untuk mereka yang hiperaktif.

1. Olahraga dan Aktivitas Fisik

a. Lari dan Bermain di Taman

Ajak anak Anda untuk berlari atau bermain di taman terdekat. Ini adalah cara yang bagus untuk melepaskan energi dan meningkatkan kesehatan fisik mereka tanpa biaya tambahan.

b. Senam di Rumah

Cari tutorial senam atau yoga di internet yang sesuai untuk anak-anak. Ini dapat membantu mereka meredakan kegelisahan dan meningkatkan keseimbangan.

2. Kegiatan Kreatif

a. Melukis dan Mewarnai

Sediakan kertas, pensil warna, dan cat air untuk anak Anda. Ini adalah cara yang baik untuk mengembangkan kreativitas mereka dan memberikan wadah untuk ekspresi diri.

b. Membuat Kerajinan Tangan

Ajari anak Anda untuk membuat kerajinan tangan sederhana menggunakan barang-barang yang sudah ada di rumah. Membuat origami atau melipat kertas juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

3. Permainan Edukatif

a. Permainan Pendidikan

Ada banyak aplikasi dan situs web yang menawarkan permainan pendidikan yang dapat membantu anak Anda belajar sambil bermain. Ini dapat membantu mengarahkan energi mereka ke sesuatu yang produktif.

b. Membaca Bersama

Bacalah buku bersama anak Anda. Ini bukan hanya kegiatan yang murah, tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan konsentrasi mereka.

4. Aktivitas Bersama Keluarga

a. Memasak Bersama

Mengajak anak Anda untuk membantu memasak adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama sambil mengajari mereka tentang makanan dan pengelolaan waktu.

b. Piknik di Taman atau Halaman Belakang

Ajak anak Anda untuk bersantai dan bermain di luar ruangan. Piknik sederhana di taman atau halaman belakang bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Anak hiperaktif sering memerlukan struktur dan rutinitas dalam kehidupan mereka. Jadwal harian yang teratur dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan terorganisir. Pastikan Anda selalu berbicara dan menjelaskan kegiatan-kegiatan menarik yang akan dilakukan bersama jauh-jauh hari. Dengan melakukan briefing maka anak akan lebih mudah memahami serta kooperatif saat kegiatan bersama orangtua.

Selalu sisakan tenaga cadangan untuk Anda ketika mereka mulai out of control. Ingatlah selalu bahwa mereka masih difase belajar dan mencoba banyak hal.

Untuk artikel tentang anak hiperaktif bisa baca disini

Mengenal anak aktif dan hiperaktif

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *