Bunda pernah bertanya-tanya dalam hati kecil “Bisa gak sih menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif?” mengingat dan melihat kegiatan bunda yang super duper rempong setiap detiknya seolah pekerjaan rumah tidak ada habisnya, duh. Pernah? Hmm kalau pernah berbahagialah bunda karena di dalam lubuk hati bunda masih tersimpan niat baik nan mulia untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang produktif.

By the way produktif itu apa sih bunda? Nah, Ibu rumah tangga yang produktif ya seperti bunda yang tetap melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan “Sesuatu”. Contohnya adalah kegiatan bunda membaca artikel ini yang akan menghasilkan informasi atau pengetahuan baru mengenai “7 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Produktif”, bukan begitu? cus langsung aja deh disimak ya bund biar produktif, eh.

ubah hobi jadi uang

dari hobi menjadi uang (foto pexels)

  1. Buat Catatan Jadwal Kegiatan Bunda Setiap Hari
    Percaya atau tidak bunda harus tahu kalau orang-orang terkaya di dunia mempunyai satu kunci atau pola kesuksesan yang sama  “schedule time” ya menjadwalkan secara rinci waktu dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Hal ini adalah kunci dari mengoptimalkan waktu semaksimal mungkin bunda. contoh ya bunda, langsung action sekarang juga oke banget. Bunda boleh ambil catatan bunda dan pulpen mulailah membuat jadwal paling awal semisal setelah bangun subuh hari pukul 04.00-05.00 (memasak dan mempersiapkan makan pagi) dan seterusnya. bunda juga bisa membuat jadwal sebelum tidur sehingga esok hari tetap ingat apa yang akan dilakukan.
  2. Konsiten dengan Jadwal yang telah Ditulis
    Konsistensi sangat dibutuhkan untuk membuat kebiasaan baru bund, mungkin awal-awal untuk konsisten cukup mudah, tapi setelah tiga hari dilakukan akankah bunda tetap konsisten? tetap harus memiliki tekat dan niat yang kuat ya bunda. Bunda pasti bisa kok. Pola yang teratur dan selalu konsiten dengan jadwal yang sudah direncanakan setiap harinya akan berdampak baik bagi bunda, kebiasaan baik yang baru akan mulai terbentuk. Ketika kebiasaan baru terbentuk bukankah akan menambah kebahagiaan bunda? tidak dipungkiri si papa juga akan merasakan dampak baiknya bund, Aamiin..
  3. Batasi Penggunaan Smartphone dan TV
    Kayaknya terlalu banyak bersinggungan dengan smartphone dan tv membuat produktivitas menurun ya bund? secara waktu banyak terbuang untuk hal yang terkadang sia-sia. dan ujung-ujungnya rumah masih berantakan, makan siang belum disiapkan, jadwal kegiatan berantakan ya kan huhu. oleh karena itu, ada baiknya jika bunda lebih mengatur dan memberi batasan penggunaan smartphone dan nonton sinetron hmm. Dikit demi sedikit bisa dikurangi ya bund, ini demi kebaikan diri dan keluarga kita juga bunda.
  4. Sisihkan Waktu untuk Melakukan Hobi yang Menghasilkan “Karya bunda”
    Nah setiap diri memiliki hobi yang dengan cuma-cuma seneng dilakoni, contoh bunda suka buat rajutan cantik lucu lucu gimana gitu. Lakuin deh bund setiap hari, beri jadwal khusus untuk melakukan hobi yang produktif. Bunda bisa check dan recheck hobi apa sih yang bisa dilakukan setiap hari dan menghasilkan suatu produk. Ketika sudah tahu jawabannya bunda tinggal meluangkan waktu untuk melakukannya. Ini tips jitu untuk bunda yang ingin produktif setiap harinya ya. Dipraktekin bund,, hayo hayoo..
  5. Cari Peluang “Karya bunda” untuk Dijadikan Produk yang Menjual
    Bunda udah punya produk nih dari hasil hobi bunda, misalkan contohnya produk dari rajutan “bros jilbab rajut” bunda sudah lakuin hobi ini setiap harinya sehingga dihasilkan produk bros jilbab minimal 30 buah setiap bulannya, bunda tinggal tawarin deh ketetangga-tetangga, teman arisan atau siapapun yang bunda lihat berpotensi untuk di tawarkan produk terebut. Modal 1 pcs bros misalkan hanya 3.000 bunda jual dengan harga 10.000 mendapat laba 7.000 setiap pcs nya. Tinggal ditotal deh dapat duit pemasukan berapa setiap bulannya hanya dengan hobi yang cuma-cuma kita lakuin. Tip ini berlaku untuk semua hobi bunda-bunda sekalian, yuk bunda kita coba produktif yang menghasilkan profit.
  6. Asah Kreativitas dan Terus Belajar
    Kegiatan yang dilakukan terus-menerus akan mengasah kemampuan kita bunda. Ketika kita sudah produktif secara konsisten, menghasilkan produk yang sudah bisa kita jadikan “uang” hal yang selanjutnya kita lakukan adalah Inovatif. Inspirasi di dunia internet sudah banyak banget kan bund, mencari inspirasi untuk produk kita juga sangat penting dilakukan bund sehingga produk yang dihasilkan tetap mengikuti trend ala ala bunda, semakin berkualitas hehe kita juga harus tetap terus belajar, belajar.
  7. Tetap Semangat, Konsisten dan Optimis
    Tip terakhir adalah tip terpenting, bunda kita harus terus semangat, konsisten dan optimis dengan semua kegiatan baik yag kita lakukan. Niatkan semua untuk meningkatkan kualitas hidup, untuk menggali potensi diri yang selama ini diabaikan, dan yang utama niatkan karena Tuhan yang sudah memberikan keluarga bahagia yang menjadi alasan untuk kita juga bahagia.

 

Jangan lupa bahagia ya Bunda…!

(Visited 700 times, 1 visits today)