7 Tips Agar Anak Semakin #CintaRupiah

Cinta rupiah –  Uang merupakan sebuah kebutuhan. Semua orang berlomba-lomba mengejar uang demi memenuhi kebutuhan pribadi. Apalagi saat ini harga barang-barang pokok banyak mengalami kenaikan. Uang, bagi sebagian orang bukan hanya sekadar sebagai alat pembayaran, tetapi juga sebagai penunjang gaya hidup yang berlebihan alias konsumtif. Hal ini terjadi karena sejak dini tidak ditanamkan nilai-nilai dari uang tersebut, juga tidak memiliki pengetahuan bagaimana cara menghormati uang yang kita punya.

Orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk mendidik anak agar mencintai uang negara kita yaitu rupiah, sehingga kelak ketika dewasa mereka mampu menggunakan uang dengan bijak dan tidak terseret dalam kelompok manusia pemuja uang yang menyesatkan.

Berikut 7 tips agar anak semakin mencintai rupiah :

1.Buat trik gerakan sayang uang
Trik ini bisa kita gunakan ketika anak-anak memaksa untuk membeli sesuatu, katakanlah mainan, yang harganya lumayan mahal. Anda bisa mengajak anak untuk melihat harga barang tersebut dan memintanya menabung dengan cara menyisihkan sebagian uang jajannya. Waktu yang cukup lama saat menabung tersebut membuat anak-anak berpikir sayang kalau hanya dibelikan mainan saat tabungan/celengannya dibuka.

2.Menunjukkan bagaimana proses pembuatan uang
Anda bisa mengajak anak menonton proses pembuatan uang yang banyak tersebar di youtube. Rumitnya proses pembuatan uang tersebut bisa membuat anak-anak semakin paham mengapa mereka harus mencintai uang dan bagaimana menggunakannya dengan bijak.

3.Mengajarkan anak menghargai uang bernilai kecil
Banyak orang yang meremehkan uang kecil seperti Rp1.000,00, Rp500,00, dan Rp200,00. Uang-uang tersebut berbentuk logam yang ringan sehingga membuat keberadaan uang koin itu kurang berarti. Padahal sebagai alat pembayaran yang sah, uang koin tersebut juga sama berharganya seperti uang-uang yang lain. Uang satu juta rupiah tidak akan menjadi satu juta kalau kurang Rp1.000,00.

4.Menunjukkan cara memperlakukan uang dengan baik
Orang tua bisa menunjukkan bagaimana cara memperlakukan uang kertas dengan baik, misalnya dengan tidak melipat, meremas, mencoret-coret, dan men-steples uang tersebut dengan alasan apapun.

5.Melatih anak memakai uang dengan bijak
Dengan latihan terus-menerus, anak akan terbiasa hidup sederhana dan menggunakan uang seperlunya saja, sehingga terhindar dari gaya hidup konsumif ketika dewasa.

6.Melatih anak mendapatkan uang dengan cara halal
Hal ini penting dilakukan untuk mencegah budaya korupsi agar tidak semakin meluas di masyarakat.

7.Mengajarkan anak berbagi dengan cara sedekah
Berbagi uang yang dimiliki kepada orang lain merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jiwa sosial anak, sehingga mereka tidak memiliki keinginan untuk membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan.

Demikian tujuh tips agar anak semakin mencintai uang rupiah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

foto pexels

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *