5 Olahan Makanan Kurban Khas Indonesia

IbuDigital – Pada saat Idul Adha, banyak saudara yang menghabiskan waktu di kampung halaman, demi menikmati suasana khas dan olahan kurban. Bingung daging Kurban diolah atau dimasak apa?
Jangan pusing, berikut ini ada banyak sekali olahan daging kurban khas nusantara, cek dibawah ini ya:

makanan khas idul adha
Tongseng Kambing (foto citarasaindonesia)

1. Tongseng
Dengan tambahan sayuran berupa kol dan tomat membuat rasanya semakin mantap. Rasa asin, manis karena ada kecap, dan asam dari tomat membuat semakin nikmat hidangan ini apalagi ditambah dengan nasi hangat.

2. Abon
Bahan yang digunakan untuk membuat abon cukup sederhana. Dengan menggoreng parutan kelapa tanpa minyak atau biasa disebut sangrai. Kemudian daging sapi yang sudah dihaluskan dan dicampur bumbu dimasukkan kedalam parutan kelapa. Abon yang baik dapat bertahan dalam waktu berbulan-bulan dalam wadah tempat yang kering. Rasanya yang gurih dan manis sangat cocok untuk menambah nafsu makan.

Empal Gentong Kambing
Empal (foto warisan kuliner)

3. Empal
Olahan daging yang dimasak dengan cara direbus dalam santan bersama rempah kemudian digoreng ini, selain dapat dimakan langsung dengan nasi juga bisa untuk teman makan soto. Cara memasaknya sama seperti tongseng yang simpel.

4. Sate
Jenis masakan yang satu ini banyak disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia dan mancanegara, bahkan Mantan Presiden Amerika Barrack Obama pernah menyebut nama masakan ini dalam pidatonya. Bahan yang digunakan cukup sederhana, dengan hanya daging kambing dan sapi sebagai bahan utamanya , dibakar hingga matang dan disajikan dengan bumbu.

5. Rendang
Masakan yang berasal dari Sumatera Barat ini jangan ditanya lagi kelezatannya. dengan bahan baku daging sapi, bumbu rempah dan kuah dari santan kelapa, sudah terbukti nikmatnya masakan ini sampai luar negri.

Jadikan Idul Adha tak terlupakan dengan aneka olahan daging hewan kurban khas nusantara yang membuat lidah bergoyang.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *