Cara berhemat – Hidup di era teknologi dengan segala kemudahannya bagai mata pisau. Yang kadang bisa menghancurkan atau mungkin malah menguntungkan di sisi lain. Ya, kita hidup dengan menggenggam dunia. Hanya dengan sentuhan jari, nyaris semua kebutuhan terlayani melalui gadget dan internet. Butuh keperluan rumah tangga, tinggal angkat telepon, pesan dan barang diantar. Ada tamu mendadak dan isi kulkas sedang kosong, manfaatkan layanan antar yang tersedia di android, pembayaran bisa dilakukan saat barang sampai.

tips ibu digital menghemat pengeluaran

cara berhemat ala ibu digital

Garis pembeda antara kebutuhan dan keinginan itu sangatlah tipis. Hanya kita yang mengetahui mana yang memang menjadi keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan. Sifat konsumtif bisa kemudian muncul saat kemudahan ada di sekitar kita. Maka sudah selayaknyalah sebagai ibu yang hidup di era digital, mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan terhadap sesuatu. Bila dua hal itu sudah mampu kita pilah dengan baik, maka kita akan dengan mudah menghemat banyak hal. Pengeluaran yang tidak terkontrol dengan baik tentu akan mengalami kebocoran di mana-mana, efek dari sulitnya memilah antara keinginan dan kebutuhan. Memilih antara kebutuhan dan keinginan tentu saja berat kalau kita terbiasa mudah membeli ini itu tanpa kemudian tahu akan berakhir di mana barang yang dibeli itu, atau bisa jadi malah tidak digunakan setelah dibeli.

Berikut ini cara berhemat yang mungkin bisa dilakukan oleh para ibu di era digital sebelum terjelembab dengan kemudahan bertransaksi yang banyak ditawarkan:

1. Buat daftar kebutuhan bulanan
Membuat daftar kebutuhan akan membantu kita untuk tetap pada jalurnya. Tidak mudah tergiur dengan keinginan ini dan itu yang ditawarkan orang lain. Daftar kebutuhan bisa apa saja, mulai dari kebutuhan pribadi sampai kebutuhan rumah tangga. Tulis saja dulu. Dengan menuliskan berarti telah memvisualkan apa yang ada di dalam pikiran. Ini akan membantu sebagai pengingat diri yang paling baik.

2. Konsisten pada daftar kebutuhan
Sederhananya, lakukan apa yang ditulis dan tulis apa yang dibutuhkan. Konsistenlah melakukannya.

3. Manfaatkan pengingat yang ada di gadget Anda
Apapun merk gadget Anda, tentu ada fitur pengingat, bukan? Baik itu yang model biasa, default dari gadgetnya. Ataupun dengan cara mengunduh di play store untuk yang lebih berwarna dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Manfaatkan teknollogi yang ada di sekitar Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Ajak dan libatkan keluarga
Lingkungan sangat berpengaruh pada keberhasilan akan perubahan yang baru saja dibuat. Maka dengan mengajak dan melibatkan orang tersekat di lingkungan kita, akan membantu Anda untuk konsisten pada apa yang telah dibuat dan disepakati.

5. Rayakan
Ya, merayakan keberhasilan yang telah Anda rencanakan juga bisa mempertahankan semangat untuk terus memperbaiki. Membeli sesuatu yang Anda inginkan, pergi berlibur bersama keluarga atau sekedar makan malam di luar bersama pasangan, mungkn bisa menjadi pilihan perayaan keberhasilan Anda.

Fokus pada tujuan awal, ingat apa yang menjadi penggerak utama saat Anda mulai memilah antara kebutuhan dan keinginan. Saat kondisi semangat mulai goyah karena banyak sekali kemudahan dan keinginan untuk memiliki sesuatu, mengingat kembali pada tujuan awal. Hal ini akan sedikit banyak membantu membangunkan kembali untuk konsisten pada apa yang ingin Anda perbaiki. Hemat dari sisi keuangan tentu akan berpengaruh banyak pada sisi lain. Seperti barang yang ada di rumah tak ada yang terbuang percuma atau bahkan hanya jadi pajangan semata. Tapi barang itu memang betul-betul digunakan dalam keseharian. Dan cara berhemat yang tepat adalah fokus pada kebutuhan bukan keinginan.

Bergabung dengan Komunitas Ibu Digital dan tumbuh bersama di Era Digital , KLIK Bergabung Bersama Komunitas Ibu Digital

(Visited 10 times, 1 visits today)