4 pekerjaan part time bagi mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri

Untuk kalian yang sedang berkuliah di luar negeri dan memiliki jadwal kuliah yang tidak terlalu padat, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba mencari pekerjaan part time. Pada umumnya berkuliah di luar negeri lebih banyak dan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan di negara sendiri.

Beberapa organisasi atau bahkan perusahaan di luar negeri biasanya banyak memberikan kesempatan untuk mahasiswa asing untuk menjadi pekerjanya. Dengan mencari kerja tambahan kalianpun akan mendapatkan uang saku tambahan yang cukup besar dan juga dapat menambah pengalaman kerja dalam CV kalian dimasa yang akan datang. Tentu pilihan ini sangat menguntungkan terutama untuk kalian yang kekurangan uang saku, ditambah lagi untuk mahasiswa yang berkuliah di beberapa negara tertentu yang membutuhkan biaya cukup besar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan mencoba bekerja paruh waktu atau part time, tentu saja akan sangat membantu keuangan kalian.

Untuk kalian yang suka dengan kesibukan dan mengisi waktu luang yang bermanfaat, ada baiknya untuk mencoba pekerjaan part time yang sesuai dengan keahlian atau kemampuan kalian, berikut pekerjaan part time yang dapat menambah uang saku kalian:

1. Tour guide atau pemandu wisata
Bagi kalian yang sangat senang jalan-jalan dan mungkin sudah hapal sudut-sudut kota dimana kalian berkuliah diluar negeri mungkin pekerjaan ini sangat cocok untuk kalian coba. Cobalah kalian bekerjasama dengan travel agen dan mendaftarkan diri kalian sebagai pemandu wisata di kota tersebut. Selain akan menambah uang saku, menjadi pemandu wisata juga dapat memperluas jaringan koneksi kalian Karena kalian pasti akan selalu berjumpa dengan wisatawan yang berasal dari berbagai macam daerah, golongan dan pekerjaan di Indonesia, bahkan tak jarang kalian dapat berjumpa dengan orang-orang besar atau penting dari daerah tertentu.

2. Youtuber atau Blogger
Salah satu jenis pekerjaan part time yang menjanjikan yaitu menjadi youtuber atau blogger. Bagi kalian yang senang berbagi hal informatif dan menarik menjadi blogger atau youtuber merupakan hal yang patut dicoba. Bukan tanpa alasan, karena saat ini semua orang cenderung menggantungkan diri pada teknologi digital dalam pencarian informasi apapun. Menjadi youtuber dan blogger juga tidak melulu memerlukan hp atau laptop mahal, dengan laptop atau hp yang kalian punya saat ini kalian juga bisa memulai pekerjaan ini, melalui cara ini kalian bisa mendapatkan pemasukan yang cukup banyak dari produk yang memasang iklannya di blog maupun channel youtube kalian.

3. Translator
Bagi kalian yang memiliki keterampilan bahasa asing yang baik, kalian juga bisa mencoba pekerjaan ini. Menjadi translator atau penerjemah adalah salah satu jenis pekerjaan part time yang tidak mengganggu jadwal kuliah kalian dan pekerjaan ini sangat banyak dibutuhkan perusahaan besar yang telah berkecimpung dalam pasar internasional. Dalam hal ini biasanya perusahaan membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan dokumen bahasa asing ataupun sebagai translator percakapan secara langsung. Tentu upah yang akan kalian dapat cukup besar dan dapat menambah uang saku kalian lebih tebal.

4. Freelancer di perusahaan internasional
Jenis pekerjaan part time lain yang patut kalian jajal selama masih di bangku perkuliahan diluar negeri yaitu menjadi freelancer di perusahaan internasional. Karena dizaman sekarang yang serba digitalisasi ini, mencari sebuah pekerjaan bukanlah hal yang sulit lagi, dengan bermodalkan internet kalian bisa mencari lowongan kerja di berbagai situs pencarian lowongan kerja contoh web designer, content creator, translator,IT dan masih banyak lagi. Carilah lowongan kerja yang sesuai dengan keterampilan yang kalian punya, saat ini banyak sekali perusahaan internasional membuka lowongan kerja untuk orang asing yang sedang menetap dinegara tersebut

Bagi kalian yang ingin mencari pekerjaan bisa mengunjungi https://id.jooble.org

 

foto pexels

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *